Selasa, 28 Januari 2020

TEMA 7 ST 3 PB 3,4

Hari/Tanggal   : Rabu, 29 Januari 2020
Tema 7           : Kepemimpinan
Sub Tema 3    : Ayo, memimpin !
PB                  :  3 dan 4


Bergotong royong menandakan bahwa kita saling membutuhkan dan kita bukan mahluk paling sempurna. Siapkah kamu menjadi pemimpin yang bisa menghargai sesama?

Rancanglah teks pidato. Kamu dapat menggunakan teks tentang sejahtera bersama koperasi yang telah kamu baca sebagai ide. Secara umum bagian pidato dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu pembuka, inti, dan penutup.Bagian pembuka biasanya terdiri atas ucapan syukur, salam pembuka, dan tujuan pidato . Bagian Isi menjelaskan permasalahan atau materi yang diungkapkan dalam pidato. Bagian penutup berisi simpulan, saran dan imbuhan, ucapan terima kasih, ucapan permohonan maaf, serta salam penutup . Dari teks pidato di bawah ini, tentukanlah bagian pembuka, inti, dan penutup.
No.BagianKalimat
1.Pembuka“Bapak dan ibu guru serta seluruh karyawan SD Palapa yang saya hormati. Tidak terasa, sudah satu tahun saya menjalankan kepercayaan dari bapak dan ibu untuk memimpin koperasi karyawan kita. Sudah beberapa tahun kita bersama-sama merasakan manfaat organisasi kecil kita ini. Perlu kita ingat kembali, bahwa tujuan mendirikan koperasi bukan untuk mencari keuntungan. Koperasi karyawan kita dirikan untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. Semua anggota memiliki kesempatan yang sama untuk menikmati hasil atas berkembangnya usaha bersama ini.”
2.IntiBapak dan ibu, kekeluargaan dan kebersamaan adalah modal utama dalam koperasi ini. Peduli terhadap jalannya usaha koperasi menjadi kewajiban tiap anggota, bukan hanya tugas ketua atau pengurus. Semua memperoleh kesempatan untuk belajar. Secara mandiri kita menetapkan jenis usaha koperasi dan menjalankannya. Pengurus yang melaksanakan, anggota yang mengawasi dan memberi masukan.”

“Keuntungan pribadi tidak diutamakan. Justru melalui koperasi, kita mengasah kepedulian terhadap kebutuhan anggota lain. Sudah lima tahun berjalan, semua keputusan kita tetapkan bersama secara musyawarah. Begitupun dengan keuntungan koperasi di tahun ini. Apakah keuntungan tersebut akan dibagikan kepada anggota atau akan dimasukkan kembali sebagai penambah modal, akan kita diskusikan dalam rapat besar hari ini.”

“Bapak dan ibu, rapat besar koperasi tidak hanya untuk anggota, namun terbuka untuk semua. Justru saya ingin semua keluarga besar SD Palapa menyaksikan proses musyawarah ini. Saya ingin semua menyaksikan, bahwa banyak hal yang dapat dipelajari melalui koperasi karyawan. Saya ingin semua merasakan bahwa kesejahteraan bersama dapat diwujudkan melalui kepedulian, kekeluargaan, serta kebersamaan.”
3.Penutup“Bapak dan ibu, saya tentu berharap anggota koperasi terus bertambah. Semoga saja, suatu saat nanti keluarga besar SD Palapa lengkap ada di dalamnya. Tak perlu risau memperhitungkan keuntungan pribadi, tetapi, ayo kita berusaha mewujudkan kesejahteraan bersama melalui koperasi.”

Desain Pidato Persuasif Tentang Pentingnya Bermusyawarah

  1. Pembukaan
  2. Inti : manfaat musyawarah
  3. Penutup
Ayo Bekerja Sama
Kelas Udin berencana mengadakan kunjungan ke suatu lembaga budaya. Guru kelasnya sangatlah demokratis. Ia mengajak para siswa untuk bermusyawarah menentukan tujuan kunjungan. Akhirnya, Bu Guru mendapatkan empat tujuan untuk dipilih yaitu: Taman Mini Indonesia Indah; Taman Budaya Puspo Budoyo; Taman Ismail Marzuki; dan Bentara Budaya. Bagaimana kelas menentukan tujuannya? Udin bersama teman-temannya berdiskusi untuk memberi masukan kepada Bu Guru.
Peluang tempat wiISATA
Menurutmu, berapa peluang untuk setiap tujuan?
  1. Taman Mini Indonesia Indah (TMII) = 1/4
  2. Puspo Budoyo =1/4
  3. Taman Ismail Marzuki (TIM)=1/4
  4. Bentara Budaya =1/4
Ayo, coba kegiatan berikut!
  1. Putarlah lingkaran sebanyak dua kali, lima kali, dan sepuluh kali. Catatlah hasilnya dengan menggunakan turus. Apakah hasilmu sama dengan temanmu? Jelaskan!
  2. Ubahlah lingkaran menjadi memiliki dua tujuan saja. Berapa peluang untuk setiap tujuan?
  3. Putarlah lingkaran dua kali, lima kali dan sepuluh kali. Catat hasilnya dengan menggunakan turus. Bandingkan hasilnya dengan temanmu!
Peluang jika diputar 2, 5 dan 10 kali :
Tempat TujuanTurusPeluang
Diputar 2 x
Taman Mini Indonesia IndahI1/4 
Taman Izmail MarzukiI1/4
Puspo Budoyo--
Bentara Budaya--
Diputar 5 x
Taman Mini Indonesia IndahI1/5
Taman Izmail MarzukiII2/5
Puspo BudoyoI1/5
Bentara BudayaI1/5
Diputar 10 x
Taman Mini Indonesia IndahIIII5/10
Taman Izmail MarzukiII2/10
Puspo BudoyoII2/10
Bentara BudayaI1/10

Jika diubah menjadi dua tujuan saja maka :
Tempat TujuanTurusPeluang
Diputar 2 x
Taman Mini Indonesia IndahI1/2
Puspo BudoyoI1/2
Diputar 5 x
Taman Mini Indonesia IndahIII3/5
Puspo BudoyoII2/5
Diputar 10 x
Taman Mini Indonesia IndahIIII I6/10
Puspo BudoyoIIII4/10

Ayo Cari Tahu
Taman Mini Indonesia Indah Mendekatkan Masyarakat pada Budaya Nusantara
Sebagai warga negara kepulauan terbesar di dunia, rasanya mustahil kita dapat mengunjungi belasan ribu pulau yang terbentang dari Sabang hingga Merauke. Padahal begitu banyak hal yang menarik dan perlu kita pelajari dari kekayaan ragam budaya yang dimiliki oleh setiap suku di Indonesia.

Inilah mengapa keberadaan lembaga budaya seperti Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menjadi sangat bermakna bagi bangsa kita. Melalui konsep objek wisata yang diwujudkan dalam bentuk anjungan daerah, taman, museum, tempat rekreasi, kita bisa mengelilingi area miniatur Indonesia seluas 160 hektar dalam sehari.

Dari anjungan setiap propinsi, kita bisa mengenal ragam bentuk dan filosofi rumah adat, upacara dan permainan tradisional serta pagelaran kesenian. Selain itu, terdapat juga taman-taman flora dan fauna. Di sana kita dapat menemukan aneka tanaman dan hewan yang hidup di penjuru tanah air, seperti anggrek, melati, reptilia, serangga, dan unggas.

Sebagai lembaga budaya, Taman Mini Indonesia Indah telah berhasil dalam tujuannya sebagai representasi kebhinekaan sekaligus kekayaan khasanah budaya Indonesia. Melalui kegiatan rekreasi, Taman Mini Indonesia Indah mendekatkan masyarakat Indonesia maupun asing pada budaya Nusantara.

Setelah membaca teks, jawablah pertanyaan berikut:
  1. Apa saja yang ada di TMII? Aneka ragam bentuk dan filosofi rumah adat, upacara dan permainan tradisional serta pagelaran kesenian, flora dan fauna.
  2. Siapa pengunjungnya? Masyarakat Indonesia maupun asing
  3. Apa yang bisa dipelajari dari anjungan-anjungan yang ada? Ragam bentuk dan filosofi rumah adat, upacara dan permainan tradisional serta pagelaran kesenian.
  4. Seberapa besar manfaat TMII bagi Bangsa? TMII memberi kesempatan kepada kita semua untuk belajar langsung aneka budaya sekaligus menghormatinya.
  5. Apa yang ingin kamu ketahui dari TMII?
Bersama temanmu, diskusikanlah lembaga budaya yang ada di wilayahmu. Catat hasil diskusimu.
Pusat Budaya
TMII merupakan lembaga budaya yang sangat bermakna bagi kita. Banyak para wisatawan domestik yang datang kesana untuk menyaksikan ragam budaya Indonesia. TMII memberi kesempatan kepada kita semua untuk belajar langsung aneka budaya sekaligus menghormatinya.

Saat memimpin, terkadang kita banyak menemui perbedaan pendapat. Namun perbedaan tersebut bisa diselesaikan melalui musyawarah. Bukankah musyawarah adalah bagian dari nilai-nilai kepemimpinan? Dan pemimpin yang bijak adalah pemimpin yang tidak merasa dirinya paling hebat

Hari/Tanggal   : Rabu, 29 Januari 2020
Tema 7           : Kepemimpinan
Sub Tema 3    : Ayo, memimpin !
PB                  :  4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kamis, 16 Mei 2024

    Assalamu'alaikum wr wb... Apa kabar anak-anak bu guru di rumah ? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’af...