Selasa, 13 Agustus 2019

Tema 2 ST 1 PB 6

RINGKASAN MATERI PEMBELAJARAN


Hari/Tanggal   :  Rabu, 14 Agustus 2019
Tema 2            : Persatuan dalam Perbedaan
Sub Tema 1     : Rukun dalam Perbedaan                                                           Pembelajaran   : 6 (enam)
Muatan PB      : Bahasa Indonesia, PPKn

Rangkuman Materi Bahasa Indonesia
Menuliskan Informasi penting dalam Teks Sejarah
Setiap teks memiliki informasi penting. Informasi penting tersebut dapat diketahui dengan mengidentifikasi aspek apa, siapa, kapan, mengapa dan bagaimana.

Bacalah teks berikut !


Latief Hendraningrat termasuk golongan muda yang menjadi pemicu diproklamasikannya kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Menyerahnya Jepang kepada Sekutu sudah diketahui oleh kaum muda Indonesia pada 14 Agustus 1945 dari siaran radio. Para pemuda ini pun menuntut kepada Sukarno dan Hatta untuk secepatnya menyatakan kemerdekaan Indonesia.

Latief Hendraningrat menjadi orang PETA yang paling bertanggungjawab atas keamanan Jakarta saat itu. Ia menggantikan tugas atasannya, Kasman Singodimejo, yang sedang berada di Bandung (St Sularto & Dorothea Rini Yunarti, Konflik di Balik Proklamasi, 2010:104). 

Atas persetujuan Latief, “Operasi Rengasdengklok” bisa dilaksanakan. Berkat peran Latief dan para anggota PETA lainnya, proses dibawanya Soekarno-Hatta ke daerah di kawasan Karawang itu terhindar dari pantauan tentara Jepang (Her Suganda, Rengasdengklok, 2009:46). Dan itulah yang memicu proklamasi kemerdekaan RI lebih cepat diumumkan tanpa harus menunggu persetujuan dari Jepang.

Berdasarkan bacaan di atas, tulislah informasi penting pada peta pikiran !


Rangkuman Materi PKn
Pelaksanaan Nilai-nilai Persatuan dalam Perbedaan
Nilai-nilai persatuan dalam perbedaan perlu diterapkan dimana pun kita berada, baik di rumah, sekolah, maupun masyarakat.
Berikut contoh kegiatan pelaksanaan nilai-nilai persatuan dalam perbedaan di lingkungan masyarakat, yaitu :
a.      Membantu korban bencana alam tanpa melihat latar belakang mereka
b.      Mempersilakan orang lain untuk beribadah sesuai agamnya masing-masing
c.       Membantu tetangga yang kesusahan, meskipun berbeda suku atau agama
Manfaat jika kita menerapkan nilai-nilai persatuan dalam perbedaan di lingkungan masyarakat, yaitu :
a.      Kehidupan masyarakat menjadi aman, tentram, dan damai
b.      Masalah lebih cepat terselesaikan karena semua masyarakat bersatu
c.       Lebih banyak pendapat yang disampaikan ketika bermusyawarah
Contoh kegiatan pelaksanaan nilai-nilai persatuan dalam perbedaan yang bisa di lakukan di kelas, yaitu :
1.      Melakukan piket kelas bersama-sama
2.      Bermain dengan teman tanpa membeda-bedakan
3.      Membantu teman yang kesulitan memahami pelajaran
4.      Meminjami alat kepada teman yang membutuhkan
5.      Belajar bersama dengan membuat kelompok belajar
Manfaat jika kita menerapkan nilai-nilai persatuan di lingkungan sekilah, yaitu :
1.      Persahabatan semakin erat
2.      Membangun kekompakkan ketika olahraga
3.      Susana belajar saat di sekolah menjadi nyaman
4.      Dapat mengadakan musyawarah bersama
5.      Merasa aman saat berada di sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kamis, 16 Mei 2024

    Assalamu'alaikum wr wb... Apa kabar anak-anak bu guru di rumah ? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’af...