Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )
Hari/tanggal : Senin, 13 September 2021
Sekolah : Sd Al Azhar 1 Bandar Lampung
Kelas /Semester : 3 / 1 (Satu )
Tema 3 : BENDA DI SEKITARKU
Subtema 1 : ANEKA BENDA DI SEKITARKU
Mapel : B. Indonesia (3.1) dan MATEMATIKA ( 3,7)
Pembelajaran ke- : 1
Apa kabar anak sholih sholihah ? semoga anak sholih sholihah dan keluarganya selalu dalam
keadaan sehat wal’afiyah dan selalu dalam lindungan Allah SWT.
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan murojaah, dan duha.
Setelah duha, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mintalah bantuan kepada bunda/ mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya!
Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.
Ayo Mengamati
Kertas di Sekitar Kita
Banyak benda yang terbuat dari kertas. Seperti buku tulis yang biasa digunakan. Contoh lain tisu, kardus, dan koran juga terbuat dari kertas.
Kayu adalah bahan dasar untuk membuat kertas. Pembuatan kertas dilakukan secara bertahap di pabrik. Kayu-kayu besar dipotong hingga sebesar korek api. Setelah itu, kayu dipanaskan hingga
menjadi bahan lunak seperti bubur. Bubur inilah yang disebut bubur kertas atau pulp.
Proses selanjutnya, pulp diberi pewarna dan disaring hingga kandungan airnya habis. Pulp yang sudah kering meninggalkan ampas berupa serat selulosa yang saling terkait. Kemudian, serat selulosa ini digiling hingga pipih menjadi seukuran kertas yang diinginkan.
Cobalah kamu menulis di atas kaca. Apakah hasil tulisanmu di atas kaca seperti di kertas? Kertas memiliki sifat dapat menyerap air. Kertas dapat menyerap tinta pulpen dengan baik. Dengan demikian, semua yang kamu tulis di kertas dapat dibaca dengan jelas.
Perhatikan benda-benda di sekitarmu! Tuliskan nama benda yang terbuat dari kertas!
Buku, Tisu, Gambar Presiden, dan lain-lain
Ayo Berdiskusi
Sebuah fakta menunjukkan kalau kita menghemat 1 ton kertas, berarti kita menghemat 13 batang pohon besar. Fakta yang luar biasa! Apa yang bisa kita lakukan untuk menghemat kertas?
Udin dan teman-temannya berpendapat tentang menghemat kertas. Bacalah pendapat berikut!
Udin: Setiap tahun ajaran baru, aku meminta ibu membeli buku tulis baru. Sekarang, aku akan menggunakan buku lama. Buku lama yang halamannya belum terpakai. Jika ingin terlihat seperti baru, ganti saja sampulnya!
Siti: Kalau aku akan memanfaatkan kertas yang masih dapat digunakan. Misalnya, menggunakan kertas di dua sisinya. Dengan demikian, tidak menghabiskan kertas banyak.
Udin: Saya sendiri tidak dapat menghemat kertas sebanyak satu ton. Akan tetapi, bila setiap orang melakukan penghematan, pasti berton-ton kertas dapat dihemat. Asyik, buka
Ayo Mencoba
Kamu telah membaca wacana di atas. Wacana tentang “Kertas di Sekitar Kita”. Carilah arti kata berikut dengan tepat! Kamu dapat bertanya kepada gurumu. Kamu juga dapat mencari di kamus Bahasa Indonesia.
No. | Kosa Kata Baru | Arti |
---|---|---|
1. | Selulosa | Selulosa adalah karbohidrat kompleks atau polisakarida yang ditemukan dalam struktur dinding sel semua tumbuhan. |
2. | Lunak | Lembut; empuk: |
3. | Molekul | Bagian terkecil senyawa yang terbentuk dari kumpulan atom yang terikat secara kimia |
4. | Ampas | Sisa barang yang telah diambil sarinya atau patinya |
5. | Pulp | Bubur kertas |
6. | Pipih | Tipis rata |
7. | Menyerap | Meresap, merembes |
8. | Kardus | Karton |
9. | Serat | Sel atau jaringan serupa benang atau pita panjang, berasal dari hewan atau tumbuhan |
10. | Menggiling | Melumatkan (memipihkan) sesuatu |
SBDP
Ayo Bernyanyi
Kertas dapat digunakan untuk menulis. Apakah kertas juga dapat digunakan untuk membuat alat musik? Ternyata, tidak dapat. Mengapa? Karena, alat musik sebagian besar terbuat dari kayu berpadu dengan kulit hewan. Contohnya antara lain gendang. Cara memainkannya dengan dipukul.
Kamu dapat bernyanyi diiringi gendang atau dengan bertepuk tangan. Bentuklah kelompok terdiri atas 4 atau 6 orang siswa. Setiap kelompok memilih dua jenis benda yang dapat menghasilkan bunyi-bunyian.
Berlatihlah untuk mengiringi lagu “Teka-Teki”. Lagu ini telah dipelajari pada pembelajaran sebelumnya. Setiap kelompok akan mendapat giliran untuk menampilkan kemampuannya. Setelah bergiliran, tampillah secara bersama-sama! Lakukan dengan percaya diri!
Bahan dasar kertas adalah kayu. Kayu berasal dari pohon. Perhatikan pohon-pohon yang dapat
digunakan sebagai bahan dasar kertas! Perhatikan gambar di bawah ini!
Pohon manakah yang paling tinggi? Bagaimana caramu mengukur tinggi suatu pohon? Tinggi badanmu pasti berbeda dengan temanmu. Apakah semua panjang atau tinggi benda dapat diukur dengan alat ukur yang sama?
Alat ukur panjang benda bermacam-macam. Kamu sudah mengenal beragam alat ukur pada pembelajaran sebelumnya.
Latihan
1. Ukurlah tinggi badan angg0ta keluargamu di rumah!
2. Tuliskan hasilnya pada tabel di bawah ini. Gunakan satuan cm dalam pengukuranmu!
No. | Nama | Tinggi Badan (cm) |
---|---|---|
1. | ||
2. | ||
3. | ||
4. | ||
5. |
No. | Nama | Tinggi Badan (cm) |
---|---|---|
1. | ||
2. | ||
3. | ||
4. | ||
5. |
Laporkan hasil kerjamu di class Room tepat waktu, dan foto kegiatan daring hari ini dalam bentuk kolase melalui WA ke ibu guru ya. Jika ada yg belum dipahami bisa ditanyakan ke ibu guru ya..
Demikian pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang Ananda peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar