MATERI AJAR
Kelas : III
Tema 3 : Benda di Sekitarku
Sub Tema 1 : Aneka Benda di Sekitarku
Hari/Tanggal : Rabu, 15 September 2020
Pembelajaran : 3
Apa kabar anak sholih sholihah ? semoga anak sholih sholihah dan keluarganya selalu dalam keadaan sehat wal’afiyah dan selalu dalam lindungan Allah SWT.
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan membaca doa, dilanjutkan muroja'ah, dan sholat dluha. Setelah sholat dluha, mari kita bersiap memulai pembelajaran hari ini. Mintalah bantuan kepada bunda/ mama untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran ya!
Jangan lupa ucapkan tolong bila minta bantuan, ucapkan maaf apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan terima kasih setelah mendapatkan bantuan.
Anak sholih sholihah
Ayo anak ibu guru, segara mandi, sarapan, sholat dhuha serta murojaah yaa, setelah itu dibaca yaa penjelasan Ibu guru.
Bahasa Indonesia
Ayo Membaca
Benda-Benda di Sekitar Kita
Apakah benda itu? Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda. Batu, gelas, dan buku juga benda. Dapatkah kamu melihat perbedaannya?
Manusia, hewan, dan tumbuhan merupakan benda hidup. Sementara batu, gelas, dan buku merupakan benda mati. Benda adalah segala sesuatu yang menempati ruang dan mempunyai massa. Massa benda diukur dengan cara ditimbang.
Manusia, hewan, tumbuhan, batu, dan buku menempati ruang. Benda-benda itu juga dapat ditimbang. Bagaimana membedakan benda dengan bukan benda? Apakah cahaya termasuk benda? Bagaimana dengan panas?
Cahaya dan panas bukanlah benda. Cahaya dan panas tidak menempati ruang. Cahaya dan panas tidak dapat ditimbang.
Ayo Mengamati
Kamu telah membaca wacana tentang benda. Amatilah gambar-gambar di bawah ini. Lingkarilah pada gambar yang bukan termasuk benda!
Kamu sudah dapat membedakan benda dan bukan benda. Perhatikanlah benda-benda di sekelilingmu! Benda-benda mempunyai warna, bentuk, dan ukurannya tersendiri.
Benda-benda dapat dikelompokkan berdasarkan sifat fisiknya. Sifat fisik benda, misalnya warna, bentuk, kekuatan, wujud, atau ukurannya.
1. Ukuran
Benda yang ada di sekitar kita mempunyai beragam ukuran. Ada yang besar dan ada yang kecil. Ada yang panjang dan ada yang pendek.
2. Bentuk Benda
Benda-benda di sekitar kita mempunyai beragam bentuk. Perhatikan bentuk-bentuk benda di bawah ini.
3. Warna
Benda di sekitar kita mempunyai beragam warna. Perhatikan warna-warna benda di bawah ini!
Matematika
Ayo mengamati
Apakah kamu pernah melihat benda-benda di bawah ini?
Benda-benda di atas merupakan kelompok dari keanekaragaman jenis benda. Benda-benda di atas dikelompokkan menurut fungsinya, yaitu alat untuk mengukur.
Setiap alat ukur mempunyai satuan. Satuan yang dipakai pada penggaris adalah cm. Coba cari tahu satuan yang digunakan pada alat ukur lainnya. Tuliskan satuan panjang yang kamu ketahui pada kotak di bawah ini!
km = Kilo MeterSatuan yang akan diukur menentukan alat ukur yang digunakan. Selain itu benda yang akan kita ukur panjangnya juga menentukan alat ukur yang digunakan. Alat yang digunakan untuk mengukur panjang kelas akan berbeda dengan alat ukur yang digunakan untuk mengukur tinggi badan misalnya.
hm = Hekto Meter
dam = Deka Meter
m = Meter
dm = Desi Meter
cm = Centi Meter
mm = Mili Meter
Ayo Berlatih
Bagaimana cara menggunakan penggaris untuk mengukur? Perhatikan pengarahan dari gurumu.
Tentukan hasil pengukuran pada gambar benda-benda di bawah ini!
SBDP
Ayo Mencoba
Benda dapat dibuat dari bermacam-macam bahan. Ada benda yang terbuat dari batu, kayu, besi, kaca, plastik, dan lainnya. Setiap benda dapat menghasilkan bunyi yang khas jika diketuk. Benda-benda tersebut menghasilkan bunyi yang berbeda.
Ayo kita dengarkan bunyi-bunyian dari berbagai alat musik ritmis. Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak bernada, namun dapat menghasilkan irama lagu. Ada berbagai macam alat musik ritmis. Berikut ini beberapa contoh alat musik ritmis.
Apakah kamu pernah memainkan alat musik di atas? Selain menggunakan alat musik, kita dapat menggunakan tepukan tangan untuk mengiringi lagu.
Mari kita berlatih membuat pola irama lagu. Caranya dengan menggunakan alat musik ritmis atau pun tepukan tangan. Berlatihlah memukul pola ketukan berirama menggunakan simbol berikut
Gunakan benda di sekitarmu untuk menghasilkan bunyi. Setiap benda dapat menghasilkan bunyi yang berbeda-beda. Bersama kelompokmu buatlah pola irama sendiri. Tampilkan di depan kelas. Perhatikan pula bagaimana pola irama kelompok lain.
Ayo Berlatih
Ayo berlatih menggunakan tepukan untuk mengiringi lagu.
Banyak benda yang digunakan untuk mengiringi lagu. Benda yang termasuk kelompok alat musik sangat banyak ragamnya. Salah satu contohnya adalah alat musik ritmis. Alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak bernada yang dapat menghasilkan irama lagu.
Yuk simak vidio lagu satuan panjang
Untuk tugas hari ini kalian hafalkan lagu satuan panjang kemudian rekam dalam bentuk suara (VN)
Laporkan hasil kerjamu, dan foto kegiatan daring hari ini dalam bentuk kolase melalui WA ke ibu guru ya. Jika ada yg belum dipahami bisa ditanyakan ke ibu guru ya..
Demikian pembelajaran hari ini, semoga ilmu yang Ananda peroleh hari ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan baru
Tidak ada komentar:
Posting Komentar