PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH
JENIS DARING KURIKULUM 2013
Satuan Pendidikan : SD AL AZHAR 1
Kelas / Semester : 5 /1
Tema : Sehat Itu Penting (Tema 4)
Sub Tema : Peredaran Darahku Sehat (Sub Tema 1)
Muatan Terpadu : PPKN (3.2, 4.2), IPS (3.2, 4.2), Bahasa Indonesia(3.6,4.6)
Pembelajaran ke : 4
Alokasi waktu : 1 Hari
Setiap anggota kelompok memiliki tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Tanggung jawab setiap anggota kelompok dalam melaksanakan tugas yaitu:
1. Melakukan tugas sesuai kewajibannya.
2. Mengerjakan tugas dengan semangat.
3. Menyelesaikan yang telah diberikan.
4. Membantu teman yang mengalami kesulitan.
Tugas kelompok telah diselesaikan dengan cepat oleh Siti dan temantemannya. Lani, Beni, dan Udin ditunjuk untuk mewakili kelompoknya membacakan pantun yang telah dibuat. Lani bertugas membaca pantun kanak-kanak.
Pantun kanak-kanaknya sebagai berikut.
Jalan-jalan ke Kota Blitar
Jangan lupa membeli sukun
Kalau ingin menjadi pintar
Kamu harus belajar dengan tekun
Beni bertugas membacakan pantun muda. Pantun mudanya sebagai berikut.
Padi kering karna dijemur
Masukkan karung diikat tali
Jika kamu berbudi luhur
Tentu tahu membalas budi
Pantun diatas adalah pantun kanak-kanak, pantun muda, dan pantun tua. Semuanya hasil kerja kelompok Siti. Semua pantun dibuat empat baris. Dua baris dalam setiap bait pantun di atas merupakan sampiran. Dua baris berikutnya merupakan isi pantun. Ingatkah kamu pengertian pantun kanak-kanak, pantun muda, dan pantun tua?
1. Pantun kanak-kanak yaitu pantun yang memiliki kaitan dengan masa kanak-kanak yang mana pantun ini menggambarkan makna suka cita maupun duka cita.
2. Pantun muda yaitu pantun mengenai kehidupan masa muda yang berisi atau bermakna perkenalan, hubungan asmara dan rumah tangga, perasaan (kasih sayang, iba, iri), dan nasib.
3. Pantun tua yaitu pantun mengenai orang tua, budaya, agama, dan nasihat.
Pantun merupakan cara yang tepat untuk menyampaikan nasihat. Nasihat bagi individu maupun kelompok
Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )
Hari/tanggal : 6 OKTOBER 2020
Kelas : V
Matematika
Belajar Debit dengan Otak Kanan
Salah satu perbedaan fungsi otak kiri dan kanan adalah bentuk pemikiran otak kiri dituangkan dalam kata-kata, sementara pemikiran otak kanan berupa gambar(visual). Kelebihan belajar dengan metode otak kanan adalah membantu mengingat dan menghafal dengan cepat salah satunya menghafal rumus debit air.
Sebelum masuk materi debit, ajak adik kalian berlatih mengubah satuan jarak, volume dan waktu seperti di bawah ini.
Sebaiknya kita juga mempelajari ini dulu ya...
Menghafal tangga satuan jarak
Untuk menghafalkan tangga satuan jarak, bisa diajarkan dengan menyanyikannya menggunakan lirik lagu anak-anak (Makan apa, makan apa, makan apa sekarang). Syair lagu diganti kilometer, hektometer, dekameter, meter ... desimeter, centimeter, milimeter. Selesai. Dengan menyanyikannya, dijamin anak-anak cepat hafal. Sudah terbukti.
Karena ini materi tentang debit, maka setiap tangga harus dipahami bernilai 1000 tiap tingkatnya. Jika naik tangga maka dibagi 1000, jika turun tangga maka dikali 1000. Pada satuan volume terdapat tanda kubik (pangkat 3).
Terangkan pula bahwa satuan volume adalah liter, dm3, ml , cm3, cc.
Konversi satuan volume
Konversi satuan waktu
Setelah menghafal satuan jarak, memahami konversi satuan volume dan waktu, kita akan menemukan jawaban dari latihan soal di atas dengan mudah.
1 m3 = 1x1000.000=1000.000 cm3
100 dm3 = 100x1000=100.000 m3
1 liter = 1 dm3
1 m3/jam = 1x1000=1000 dm3/jam
1 menit = 1x60 = 60 detik
1 jam = 1x60=60 menit
180 detik = 180 : 60=3 menit
3 liter/jam = 3x1000=3000 : 60= 50 cm3/menit
Saatnya menghitung debit
Bila adik-adik sudah mampu mengubah satuan volume dan waktu seperti contoh di atas, maka kita dapat melanjutkan dan masuk pada materi utama, yaitu debit.
Rumus debit adalah :
Debit = Volume : Waktu
Segitiga ini bisa membantu anak-anak untuk mencari volume atau waktu. Anak cukup menutup dengan tangan satuan apa yang ditanyakan dari soal debit. Sehingga anak akan tahu tanpa menghafal, bahwa :
Debit = Volume : Waktu,
Waktu = Volume : Debit
Volume = Debit x Waktu.
Ada juga yang menghafal rumus dengan mengganti huruf V, D, W dengan Isi DeWe. Isi (volume), De (debit), We (waktu) yang dalam bahasa Jawa, isi dewe = isi sendiri. Atau juga dengan menggunakan istilah Vokalis DeWa (Vokalis=volume, De=debit, Wa=waktu).
Contoh soal :
1. Menentukan Debit
Seorang petugas pom bensin sedang mengisikan bensin ke tangki sebuah mobil. Sebanyak 36 liter bensin diisikan dalam waktu 2 menit. Berapa liter/menit debit aliran bensin tersebut ?
Diketahui :
Volume = 36 liter
Waktu = 2 menit
Ditanyakan debit ?
Jawab :
Debit = Volume : waktu
= 36 liter : 2 menit
= 18 liter/menit
Jadi, debit aliran bensin adalah 18 liter/menit.
2. Menentukan Waktu
Jika debit air 10 m3 /menit, maka untuk memenuhi kolam 160.000 liter. Berapa menit waktu yang diperlukan untuk memenuhi kolam tersebut ?
Diketahui :
Debit = 10 m3 /menit
Volume = 160.000 liter = 160.000 d m3 = 160 m3
Ditanyakan waktu ?
Jawab :
Waktu = Volume : Debit
= 160 : 10
= 16
Jadi, waktu yang diperlukan untuk memenuhi kolam adalah 16 menit.
3. Menentukan Volume
Suatu hari, debit air sungai Brantas 140 mm3/menit. Berapa cm3 volume air yang mengalir selama 8 jam ?
Diketahui :
Debit = 140 mm3/menit = 0,140 cm3/menit
Waktu = 8 jam = 480 menit
Ditanyakan Volume ?
Jawab :
Volume = Debit x Waktu
= 0,140 cm3/menit x 480 menit
= 67,2 cm3
Jadi volume air yang mengalir selama 8 jam adalah 67,2 cm3.
LATIHAN TUGAS !
1. 1. Dalam sebuah bak mandi terdapat 9.000 liter air. Karena akan dibersihkan, bak dapat dikosongkan dalam waktu 15 menit. Debit air tersebut adalah . . . .liter/menit.
2. 2. Seorang petugas pom bensin sedang mengisikan bensin ke tangki sebuah mobil. Sebanyak 24 liter bensin diisikan dalam waktu 4 menit. Berapa liter/menit debit aliran bensin tersebut ?
3. 3. Jika debit air 40 m3 /menit, maka untuk memenuhi kolam 360.000 liter. Berapa menit waktu yang diperlukan untuk memenuhi kolam tersebut ?
4. Suatu hari, debit air sungai Brantas 16.000 mm3/menit. Berapa cm3 volume air yang mengalir selama 2 menit ?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar