Selasa, 27 Oktober 2020

Materi Ajar, Selasa : 27 Oktober 2020

 JENIS DARING KURIKULUM 2013

 

Satuan Pendidikan     : SD AL AZHAR 1

Kelas / Semester        :  5 /1

Tema                          :  4 Sehat Itu Penting

Sub Tema  3               :   Cara Memelihara Kesehatan Organ Peredaran Darah Manusia

Pembelajaran ke        : 1 11


kabar anak sholih sholihah

Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat

Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa

 

 Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini! 

Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!

Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!  Selalu tingkatkan keimanan dan ketakwaan untuk meraih keridhoan Allah SWT.

 

TEMA 4 KELAS 5 SD SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN

tema 4 kelas 5 subtema 3 

 

Agar terjadi pertukaran udara, Siti membuka jendela kamar. Kamar Siti menjadi sejuk dan segar.

Siti, Dayu, dan Lina telah melakukan salah satu bentuk olahraga yang bisa memperlancar peredaran darah mereka yaitu bersepeda santai.

 

tema 4 kelas 5 subtema 3 

Selain jantung koroner, masih banyak contoh penyakit yang dapat mengganggu organ peredaran darah. Sekarang, tugas kamu untuk mencari contoh penyakit yang bisa mengganggu organ peredaran darah manusia beserta cara pencegahannya.

NoPenyakitCara Pencegahan
1.Anemia
  1. Konsumsi Makanan Tinggi Zat Besi seperti kacang-kacangan, sereal, sayuran berwarna hijau, dan daging merah tanpa lemak.
  2. Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin B12 seperti ditemukan pada susu, semua olahan susu, daging, dan produk kedelai.
  3. Konsumsi Makanan Tinggi Serat
2.Hipotensi
  1. Cukupi cairan tubuh dengan memperbanyak konsumsi air untuk tubuh supaya terhindar dari dehidrasi.
  2. Mengkonsumsi makanan bergizi tinggi, empat sehat lima sempurna.
  3. Hidari tidur larut malam
  4. Olahraga secara teratur
3.Hipertensi
  1. Mengonsumsi makanan sehat.
  2. Berolahraga secara teratur.
  3. Menurunkan berat badan, jika diperlukan.
  4. Mengurangi konsumsi garam dan kafein.
4.Kanker darah
  1. Mengkonsumsi makanan sehat
  2. Rutin melkukan aktivitas fisik
  3. Melakukan pemeriksaan kesahatan tubuh secara rutin.
  4. Perbanyak konsumsi sayuran seperti brokoli, kubis, tomat, lobak dsb.
5.Varises
  1. Olahraga secara teratur
  2. Usahakan agar berat badan selalu tetap seimbang
  3. Hindari untuk berdiri yang terlalu lama.
  4. Hindari penggunaan pakaian sempit atau ketat pada bagian pinggang, paha, dan kaki.
  5. Biasakan mengonsumsi vitamin C dan E. 

”Mencegah lebih baik daripada mengobati”. Itulah slogan kesehatan yang sering kita dengar. Apa makna slogan tersebut? Tentu saja slogan yang berisi nasihat. Adapun makna dari slogan tersebut, adalah mencegah timbulnya faktor yang dapat menyebabkan terjangkitnya penyakit. Mencegah lebih baik daripada mengobati penyakit yang terlanjur menjangkiti tubuh kita. Pada dasarnya, faktor penyebab timbulnya penyakit dapat diminimalisasi dengan cara mencegah.


Ayo Mengamati!
Perhatikan pantun berikut ini!

Kacang goreng enak dimakan
Kue tape diberi ragi
Kalau tembok
  sudah dibersihkan
Jangan ada coretan lagi 

Yuk bertanya jawab dengan anggota keluargamu di rumah untuk mengukur sejauh mana pemahamanmu mengenai pantun

Apa jenis pantun di atas? 

Pantun nasihat

Ada berapa baitkah pantun di atas? 

1 bait
Terdiri atas berapa bariskah bait pantun di atas? 

4 baris


Tuliskan baris yang merupakan sampiran!


Kacang goreng enak dimakan
Kue tape diberi ragi


Tuliskan pula baris yang merupakan isi pantun!


Kalau tembok sudah dibersihkan
Jangan ada coretan lagi 

 

Perhatikan contoh pantun berikut!

Memang indah bunga selasih
Selasih bunga tanpa getah
Lingkungan asri juga bersih
Belajarnya nyaman hatinya betah

 

Berdasarkan pantun di atas dapat dijelaskan sebagai berikut.


1. Pantun memiliki satu bait yang terdiri atas 4 baris.
2. Suku kata pada setiap baris secara urutan berjumlah 9, 9, 10, dan 11.
3. Setiap baris terdiri atas 4 kata.
4. Baris yang menunjukkan sampiran yaitu:
    Memang indah bunga selasih (baris pertama)
    Selasih bunga tanpa getah (baris kedua)
5. Baris yang menunjukkan isi yaitu:
    Lingkungan asri juga bersih (baris ketiga)
    Belajarnya nyaman hatinya betah (baris keempat)
6. Pantun bersajak a-b-a-b.
7. Pantun di atas termasuk jenis pantun nasihat.

 

Untuk menambah pengetahuan kalian lagi mengenai pantun silahkan simak video berikut ini!


 


TUGAS di modul tematik

Muatan B.INDO hlm 77 nomor 1 s.d. 5

Muatan IPA hlm 78 nomor 1. s.d 5

Tulis dibuku latihan jawabannya saja dan sertai nama lengkap dan nomor absen.


Contoh Pengerjaan:

Nama         : ...

NO. Absen : ....

muatan B INDO:

1. a. india

2. .....

dst...

Muatan IPA

1. ....

2. ....


Jangan lupa rapikan alat-alat belajar kalian sendiri dan ucapkan terima kasih kepada Ayah/Bunda yang telah mendampingi Ananda belajar di rumah hari ini! 

Mari kita akhiri kegiatan belajar di rumah hari ini dengan membaca doa sesudah belajar.

Terima kasih.

WASSALAMUALAIKUM WR.WB.

 KABAR GEMBIRA 

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda dan perayaan Maulid Nabi Muhammad S.A.W. Sekolah kita akan mengadakan lomba.

Yuk anak-anak simak pengumuman berikut ini

Anak soleh soleha dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda pada tgl 28 Oktober 2020 maka siswa kelas 5 SD Al Azhar 1 akan mengadakan lomba online  Video  Pengucapan Sumpah Pemuda. 

Video dikirimkan paling lambat  hari Rabu tgl 28 Oktober 2020.


Teknis Perlombaan Video Ucapan Sumpah Pemuda:


Peserta membuat video pembacaan teks sumpah pemuda dengan memperhatikan:

a. Intonasi


b. Lafal


c. Mimik(ekspresi)


d. kreatifitas dalam pembuatan Video.


e. Peserta adalah siswa yg bersedia mengikuti lomba saja (tidak diwajibkan)


f. Juri akan memilih 6 video peserta terbaik untuk diambil sebagai pemenang (dari 6  kelas siswa kelas 5 A s.d.5 F)


g. Video dikirimkan ke guru kelas masing-masing yang akan nanti dishare ke juri.


h. Keputusan juri tidak dapat digangu gugat.


A.    Perlombaan Keagamaan

 

1.      Lomba Sholawat  ( Kelas 1 s.d 6 )

2.      Lomba Tahfidz (  Kelas 1 s.d 6 )

3.      Lomba Mewarnai Kaligrafi ( Kelas 1 dan 2 )

4.      Lomba Adzan ( kelas 4  s.d 6 )

5.      Lomba Da’I ( Kelas 4 s.d 6 )

 

B.     Teknis Perlombaan :

 

1.      Lomba Sholawat

 

Ø  Peserta terdiri dari siswa atau siswi kelas 1 s.d kelas 6

Ø  Masing-masing kelas hanya mengirimkan 1 orang perwakilan terbaik untuk mengikuti lomba

Ø  Sholawat yang dilantuntkan berjudul “ Kisah Sang Rasul”

Ø  Format Sholawat dalam bentuk video dan dikirimkan ke panitia

Ø  Boleh menggunakan alat music, keyboard dan lain sebagainya

 

2.      Lomba Tahfidz

 

Ø  Peserta terdiri dari siswa atau siswi kelas 1 s.d 6

Ø  Masing-masing kelas hanya mengirimkan 1 orang perwakilan terbaik untuk mengikuti lomba

Ø  Surat yang dibaca :

-          Kelas 1 : Al Fatihah

-          Kelas 2 : Al ‘adiyat

-          Kelas 3 : Ad Dhuha

-          Kelas 4 : As Syams

-          Kelas 5 : Al Infithor

-          Kelas 6 : An Naba’

Ø  Format Tahfidz  dalam bentuk video dan dikirimkan ke panitia

 

3.      Lomba Mewarnai Kaligrafi

 

Ø  Peserta terdiri dari siswa atau siswi kelas 1 dan 2

Ø  Masing-masing kelas hanya mengirimkan 2 orang perwakilan terbaik untuk mengikuti lomba

Ø  Kaligrafi yang diwarnai akan diberikan melalui whatsapp oleh panitia

Ø  Hasil kaligrafi dikirimkan dalam bentuk gambar Foto Kamera HP

 

4.      Lomba Adzan

 

Ø  Peserta terdiri dari siswa kelas 4 s.d kelas 6

Ø  Masing-masing kelas hanya mengirimkan 1 orang perwakilan terbaik untuk mengikuti lomba

Ø  Format Adzan  dalam bentuk video dan dikirimkan ke panitia

Ø  Bukan adzan subuh

 

5.      Lomba Da’i

 

Ø  Peserta terdiri dari siswa kelas 4 s.d kelas 6

Ø  Masing-masing kelas hanya mengirimkan 1 orang perwakilan terbaik untuk mengikuti lomba

Ø  Format Da’i  dalam bentuk video dan dikirimkan ke panitia

Ø  Materi berkaitan tentang Nabi Muhammad SAW

Ø  Waktu maksimal 5 menit penampilan

 

C.    Teknis Penilaian

 

Ø  Lomba Sholawat

-          Penilaian meliputi penampilan, irama dan intonasi suara serta ekspresi atau penghayatan

Ø  Lomba Tahfidz

-          Penilaian meliputi  kelancaran, tajwid, Makhorijul Huruf

Ø  Lomba Mewarnai Kaligrafi

-          Penilaian meliputi Kerapihan dan keindahan

Ø  Lomba Adzan

-          Penilaian Meliputi Suara, Kelancaran, Tajwid, Irama

Ø  Lomba da’i

-          Penilaian meliputi kelancaran, intonasi, penguasaan materi

 

D.    Juara

Pemenang lomba akan mendapatkan hadiah dengan rincian pemenang

 

1.      Lomba Shlowat

-          Juara 1 Kelas 1

-          Juara 1 Kelas 2

-          Juara 1 Kelas 3

-          Juara 1 Kelas 4

-          Juara 1 Kelas 5

-          Juara 1 Kelas 6

 

2.      Lomba Tahfidz

-          Juara 1 Kelas 1

-          Juara 1 Kelas 2

-          Juara 1 Kelas 3

-          Juara 1 Kelas 4

-          Juara 1 Kelas 5

-          Juara 1 Kelas 6

 

3.      Lomba Mewarnai Kaligrafi

-          Juara 1 Kelas 1

-          Juara 1 Kelas 2

 

4.      Lomba Adzan

-          Juara 1

-          Juara 2

-          Juara 3

 

5.      Lomba Da’i

-          Juara 1

-          Juara 2

-          Juara 3

 

Ayo anak-anak Indonesia para pemuda penerus bangsa jaga semangat Sumpah Pemuda dengan melakukan hal-hal positif.

Tetap Semangat dan terus berkarya!

 

Untuk yang bersedia mengikuti lomba, info selanjutnya akan dishare kembali.


Silahkan Japri bu guru ya kids jika ingin bertanya🤗💓💓💓💓







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kamis, 16 Mei 2024

    Assalamu'alaikum wr wb... Apa kabar anak-anak bu guru di rumah ? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’af...