Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )
Hari/tanggal : Selasa, 24 November 2020
Kelas : V
Tema 5 : Ekosistem
Subtema 3 : Keseimbangan Ekosistem
Pembelajaran : 1
Assalamu'alaikum warohmatullah wabarokatuh
Apa kabar anak sholih sholihah
Semoga semuanya dalam keadaan sehat wal'aafiyat
Mari awali kegiatan belajar hari ini dengan berdoa
Anak-anak sudah siap belajar hari ini? Ayo, jangan lupa cuci tangan terlebih dahulu ya dengan sabun pada air mengalir sebelum dan sesudah memulai kegiatan! Nah, kalau sudah cuci tangan, mari kita bersiap memulai pembelajaran. Mari kita awali dengan membaca doa terlebih dahulu semoga kita selalu sehat dan diberikan kemudahan dalam melaksanakan kegiatan belajar hari ini!
Mintalah bantuan kepada ayah/bunda untuk mendampingi Ananda selama melakukan kegiatan pembelajaran, ya!
Jangan lupa ucapkan TOLONG bila minta bantuan, ucapkan MAAF apabila melakukan kesalahan, dan ucapkan TERIMA KASIH setelah mendapatkan bantuan!
TEMA 5: EKOSISTEM
SUB
3 : Keseimbangan Ekosistem
Pembelajaran 1
Rantai
Makanan dan Jaring-Jaring Makanan
Kebergantungan
antarmakhluk hidup dan lingkungannya menjadi bagian dari kehidupan di dalam
sebuah ekosistem. Tumbuhan mendapatkan energi dari matahari. Hewan mendapatkan
energi dari tumbuhan atau hewan lain yang memakan tumbuhan. Tumbuhan berhijau
daun mampu membuat
makanan sendiri. Makhluk hidup yang dapat membuat makanan sendiri disebut
produsen. Banyak jenis makhluk hidup yang tidak dapat membuat makanan sendiri.
Mereka mendapatkan energi dari makanan yang mereka makan. Makhluk hidup yang
memakan makanan tanpa bisa membuat sendiri disebut konsumen. Beberapa jenis
konsumen memakan tumbuhan. Konsumen ini dinamakan herbivor. Konsumen yang
memakan hewan sebagai sumber energinya dinamakan karnivor. Ada juga konsumen
yang memakan baik tumbuhan maupun hewan, yang dinamakan omnivor.
Ayo Berlatih
Mencari Arti Kosakata Baru
- Garis bawahilah beberapa kosakata baru dari
bacaan di atas.
- Tuliskanlah kata-kata tersebut di dalam buku
catatanmu.
- Carilah arti kosakata tersebut dalam Kamus Besar
Bahasa Indonesia.
- Gunakan kosakata tersebut untuk menyusun dua kalimat
lengkap.
No. |
Kosa
Kata Baru |
Arti |
1 |
Ekosistem |
Keadaan khusus tempat komunitas
suatu organisme hidup dan komponen organisme tidak hidup dari suatu
lingkungan yang saling berinteraksi |
2 |
Energi |
Daya (kekuatan) yang dapat
digunakan untuk melakukan berbagai proses kegiatan, misalnya dapat merupakan
bagian suatu bahan atau tidak terikat pada bahan (seperti sinar matahari);
tenaga; |
3 |
Produsen |
Penghasil bahan makanan |
4 |
Konsumen |
Pemakai barang hasil
produksi |
5 |
Herbivor |
Hewan pemakan tumbuh-tumbuhan |
6 |
Predator |
Binatang yang hidupnya dari
memangsa binatang lain; hewan pemangsa hewan lain |
7 |
Kompleks |
Mengandung beberapa unsur yang
pelik, rumit, sulit, dan saling berhubungan |
8 |
Komponen |
Bagian dari keseluruhan; unsur: |
9 |
Mangsa |
Binatang yang menjadi makanan
binatang buas |
10 |
Karnivor |
Hewan pemakan daging (seperti
anjing, kucing) |
11 |
Omnivor |
Hewan pemakan hewan lain dan
tumbuhan |
Membuat Peta Pikiran
Berdasarkan bacaan di atas, temukanlah pokok pikiran utama pada setiap
paragraf. Temukanlah kata kunci pada setiap paragraf dan gunakanlah untuk
membuat cabang utama pada peta pikiranmu. Temukanlah informasi penting pada
setiap paragraf dan gunakanlah untuk melengkapi cabang utama dari setiap
paragraf yang telah kamu buat sebelumnya.
Jaring-jaring
makanan adalah gabungan dari beberapa rantai makanan yang siklusnya saling
berhubungan. Oleh karena itu, bisa disimpulkan bahwa rantai makanan adalah
bagian dari jaring-jaring makanan dalam cakupan yang lebih luas lagi.
Pada jaring-jaring makanan organisme yang terkumpul pada jaring-jaring makanan
mempunyai beberapa jenis oragnisme yang dapat dipilih menjadi makanannya.
Sedangkan pada rantai makanan, organisme yang menjadi konsumen hanya memiliki
satu pilihan makanan saja. Meskipun tersedia beberapa, tapi jumlahnya lebih
sedikit dibandingkan dengan organisme yang ada pada jaring-jaring makanan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar