Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ )
Hari/tanggal
: Senin, 10 Agustus 2020
Kelas
: V
Tema
1
: Organ Gerak Hewan dan Manusia
Subtema 3
: Lingkungan dan Manfaatnya
Pembelajaran
: 3
Negara maritim adalah negara yang memiliki perairan yang luas. Selain
sebagai negara maritim Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris karena
sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani.
Kondisi geografis yang membentang di wilayah Indonesia membuat banyak
terdapat perbedaan dalam pekerjaan maupun kehidupan masyarakat.
Selain keberagaman geografis Indonesia juga memiliki keragaman suku bangsa.
Selain keberagaman suku Indonesia juga kaya akan keberagaman bahasa daerah.
Bukan menjadi pemisah bagi bangsa Indonesia tetapi menjadi pemersatu dan
mempererat tali persaudaraan.
keragaman budaya tersebut tidak lepas dari kondisi geografis wilayah
Indonesia yang luas. Indonesia merupakan negara kepulauan yang sangat luas di
Asia Tenggara.
Indonesia terdiri dari 17000 pulau, diantaranya adalah Sumatera Kalimantan
Jawa Sulawesi dan Papua.
Ø Cara menentukan ide pokok
Ada beberapa cara menentukan ide pokok secara
sederhana. Dapur Imajinasi menjelaskannya sebagai berikut!
ü Mengambil kalimat utama
Cara ini adalah cara termudah dalam
mencari ide pokok. Ide pokok bisa diambil langsung dari kalimat utama. Namun,
ada juga beberapa kalimat utama yang tidak bisa dijadikan ide pokok. Jadi,
kalimat utama bisa jadi suatu ide pokok, tetapi ide pokok belum tentu kalimat
utama.
Nah,
inilah paragraf yang ide pokoknya bisa diambil dari kalimat utama.
Buah kedondong memiliki berbagai
manfaat. Buah ini bisa dijadikan bahan rujak yang lezat. Buah ini juga bisa
dijadikan manisan. Buah yang rasanya masam ini juga bisa dijadikan obat batuk
dengan cara makan daging buahnya yang sudah dicolek atau dilumuri kecap.
Kalimat utama paragraf di atas adalah
kalimat pertama, yakni “Buah kedondong memiliki berbagai manfaat”.
Ide pokok sama dengan kalimat utama
sehingga ide pokoknya adalah “Buah kedondong memiliki berbagai manfaat”.
ü Mengurangi kata-kata dalam kalimat utama
yang tidak perlu
Dengan cara ini, kita tinggal mencari
kalimat utama kemudian mengurangi kata-kata yang tidak perlu sehingga menjadi
lebih ringkas.
Contoh:
Buah kedondong memiliki berbagai manfaat. Buah ini bisa
dijadikan bahan rujak yang lezat. Buah ini juga bisa dijadikan manisan. Buah
yang rasanya masam ini juga bisa dijadikan obat batuk dengan cara makan daging
buahnya yang sudah dicolek atau dilumuri kecap.
Kalimat
utama: Buah kedondong memiliki berbagai manfaat.
Ide
pokok: Kedondong memiliki berbagai manfaat
ü Membalik kalimat utama atau menyimpulkan
kalimat utama
Cara ini juga termasuk cara mudah dalam
mencari ide pokok. Kita tinggal mencari kalimat utama kemudian menyimpulkannya
menjadi ide pokok atau bisa juga dengan cara membaliknya.
Contoh:
Buah kedondong memiliki berbagai manfaat. Buah ini bisa
dijadikan bahan rujak yang lezat. Buah ini juga bisa dijadikan manisan. Buah
yang rasanya masam ini juga bisa dijadikan obat batuk dengan cara makan daging
buahnya yang sudah dicolek atau dilumuri kecap.
Kalimat
utama: Buah kedondong memiliki berbagai manfaat.
Ide
pokok:
- Manfaat
buah kedondong
- Berbagai
manfaat buah kedondong
- Khasiat
buah kedondong
ü Menyimpulkan isi paragraf
Menyimpulkan isi paragraf digunakan
untuk menentukan ide pokok jika kita tidak bisa menyimpulkan dari kalimat
utama.
Berikut contoh mencari ide pokok dengan cara
menyimpulkan isi paragraf.
Ini adalah hewan berkaki empat. Hewan ini termasuk
herbivora atau pemakan tumbuh-tumbuhan. Dagingnya menjadi komoditas pokok di
Indonesia. Saat hari Idul Adha, hewan ini sering dijadikan hewan kurban. Hewan
ini adalah sapi.
Kalimat
utama: Hewan ini adalah sapi.
Paragraf
di atas membahasa tentang ciri-ciri sapi, sehingga ide pokoknya adalah “ciri-ciri
sapi”.
PPKN
Contoh Perilaku / Sikap Sehari-hari Yang Sesuai dengan Pengamalan Nilai Luhur
Pancasila Sila ke 1,2,3,4,5 :
|
1. Ketuhanan yang Maha
Esa.
|
Sila ke 1 ini berkaitan dengan perilaku kita sehari-hari sebagai umat
beragama.
· Di
keluarga :
ü
Selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan Tuhan.
ü
Memanjatkan doa-doa baik untuk orang tua dan keluarga.
ü
Menjalankan perintah agama yang di anut masing-masing keluarga.
ü
Berbakti pada kedua orang tua.
ü
Beribadah sesuai dengan agama keyakinannya masing-masing.
· Di Sekolah :
ü
Tidak memaksakan teman untuk menganut agama tertentu.
ü
Menghormati teman yang berbeda agama.
ü
Menghargai teman yang sedang beribadah meskipun berbeda agama.
· Di Pergaulan Masyarakat :
ü
Menghormati pemeluk agama lain.
ü
Tetap bergaul meskipun berbeda agama.
ü
Tidak memaksakan kehendak orang lain untuk beribadah sesuai ajarannya.
ü
Menjaga keharmonisan antar umat beragama.
2. Kemanusiaan yang Adil dan Beradab.
|
Sila ke 2 ini berkaitan dengan sikap berlaku adil dan berbudi pekerti yang
baik.
· Di keluarga :
ü
Menghormati orang yang lebih tua dari kita.
ü
Menghargai orang yang lebih muda dari kita.
ü
Membantu orang tua.
ü
Bekerja sama dengan keluarga.
ü
Menjaga nilai-nilai luhur yang ada di dalam keluarga.
ü
Tidak bersikap semena-mena pada adik.
ü
Sikap kasih dan sayang dengan seluruh anggota keluarga.
· Di Sekolah :
ü
Menghormati guru dan menghargai teman.
ü
Tidak membeda-bedakan teman karena berbeda tingkat pendidikan, minat, agama
dan lain sebagainya.
ü
Mengenakan seragam sekolah yang rapi.
ü
Bersikap adil pada teman.
· Di Pergaulan Masyarakat :
ü
Tidak berlaku diskriminatif.
ü
Saling membantu ketika tetangga membutuhkan
bantuan.
ü
Memberikan bantuan materi maupun non materi pada
warga yang tertimpa musibah.
3. Persatuan Indonesia.
|
Sila ke 3 ini berkaitan dengan sikap kita sebagai warga negara Indonesia
untuk bersatu membangun bangsa.
Di keluarga :
ü Tidak berkelahi dengan saudara, adik
maupun kakak.
ü Menyayangi sesama anggota keluarga.
ü Membina kerukunan dan keutuhan keluarga.
ü Bergotong-royong bersama anggota keluarga.
ü Bersama-sama saling membantu pekerjaan di
rumah.
· Di Sekolah :
ü
Tidak berkelahi dengan teman.
ü
Mengerjakan tugas kelompok sekolah bersama-sama.
· Di Pergaulan Masyarakat :
ü
Menjaga nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.
ü
Cinta tanah air dan bangsa Indonesia.
ü
Cinta produk buatan Indonesia.
ü
Ikut berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat, diantaranya kerjabakti &
gotong royong.
ü
Tidak menimbulkan perpecahan dalam bermasyarakat.
4. Kerakyatan
yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan.
|
Sila ke 4 ini berkaitan dengan sikap kita untuk selalu bermusyawarah dalam
menyelesaikan masalah.
· Di keluarga :
ü
Menghargai pendapat anggota keluarga yang lain.
ü
Tidak memaksakan kehendak anggota keluarga yang lain.
ü
Memberikan saran/nasihat jika diperlukan.
ü
Melaksanakan peraturan tata tertib dalam keluarga yang telah disepakati
bersama.
· Di Sekolah :
ü
Menghormati hasil musyawarah dalam keputusan organisasi sekolah.
ü
Tidak memaksakan pendapat teman.
ü
Mengikuti jalannya rapat OSIS.
· Di Pergaulan Masyarakat :
ü
Mengutamakan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara.
ü
Ikut berpartisipasi dalam Pemilihan Umum.
ü
Menghargai pendapat orang lain.
5. Keadilan
Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.
|
Sila ke 5 ini berkaitan dengan sikap kita untuk menciptakan kesejahteraan
bersama serta berlaku adil pada sesama.
· Di keluarga :
ü
Menolong adik yang sedang memerlukan bantuan.
ü
Menghargai hak-hak anggota keluarga lainnya.
ü
Melaksanakan kewajiban sebagai anggota keluarga yang baik.
· Di Sekolah :
ü
Menghargai hasil karya teman di sekolah.
ü
Melaksanakan kewajiban-kewajiban sebagai siswa sekolah.
ü
Tidak pilih kasih dalam berteman.
· Di Pergaulan Masyarakat :
ü
Mendahulukan kepentingan bersama.
ü
Menghormati hak dan kewajiban orang lain dalam hidup bermasyarakat.
ü
Taat membayar pajak.
Soal Latihan
1. Negara
yang memiliki perairan yang sangat luas disebut Negara . . .
Pusat Pembuatan Gerabah di Dusun Klipoh
Dusun wisata di Klipoh
merupakan pusat desa kerajinan pembuatan gerabah. Dusun tersebut terletak di
desa Karanganyar, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang provinsi Jawa Tengah.
Dusun klipoh berada tidak jauh dari objek wisata Candi Borobudur.
kegiatan dan proses pembuatan gerabah yang diwariskan secara turun-temurun
terukir pada salah satu relief Candi Borobudur. Tradisi pembuatan gerabah di
Dusun klipoh diperkirakan telah ada sebelum pembuatan candi Borobudur.
Sejak tahun 2000 Dusun
klipoh mulai dikunjungi wisatawan. Wisatawan dapat mengikuti kegiatan proses
pembuatan dan mencoba sendiri membuat gerabah. Beberapa hotel di sekitar
kawasan Candi Borobudur memiliki paket kunjungan ke dusun klipoh.
Proses pembuatan gerabah di
Lippo masih menggunakan teknik sederhana. Teknik ini berdasarkan pengetahuan
yang diwariskan secara turun temurun. Pembuatan gerabah melalui berbagai proses
antara lain pembentukan gerabah Proses pengeringan dengan menggunakan sinar
matahari , dan proses pembakaran. Sebanyak 80% penduduk klipoh berprofesi
sebagai pengrajin gerabah.
2. Tentukan ide pokok paragraf kedua pada bacaan tersebut di
atas?
3. Tunjukan prilakumu di rumah yang biasa kamu lakukan sesuai
dengan nilai sila pancasila!dalam bentuk foto atau video!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar