A. Ayo memilih dengan jawaban yang tepat!
PPKn
kd. 3.4 4.4
|
1.Perhati kan pernyataan-pernyataanberikut.
1) Perirerintahan yang
berdaulat.
2) Memiliki hukum.nasional.
3) Memilikiwilayah.
4) Memiliki rakyat.
5) lkut melaksanakan
ketertiban dunia.
Syarat yang diperlukan untuk
membentuk
sebuah negara ditunjukkan oleh
pernyataanangka....
a. 1),2), dan 3) c.
2),3), dan 4)
b. 1), 3), dan 4) d.
2),3), dan 5)
2.Proklamasi kemerdekaan lndonesiamenjadi puncak revolusi dan
tonggaksejarah bangsa lndonesia untuk terbebasdari belenggu kolonialisme.
Berikutpernyataan yang tepat mengenai maknaproklamasi sebagai titik tolak
perubahanhukumyaitu....
a. Soekarno-Hatta atas nama bangsaI ndonesia menyatakan
kemerdekiankepada dunia luar.
b.tujuan negara lndonesia tersuratdalam Pembukaan Undang-Undang
Dasar 1945 alinea keempat
c. pemimpin-pemimpin bangsalndonesia berusaha menyusunkonsitusi baru
yang sebelumnyamenggunakan hukum kolonial
d. setelah proklamasi kemerdekaan,lndonesia lndonesia
menumbuhkansemangat Persatuan dalammasyarakat dengan budaya gotongroyong
3.Menjaga keberagaman bangsa lndonesiamerupakan upaya untuk . . . .'
a. menciptakan ketertiban dunia
b. memenuhi kepentingan.pribadi
c. menjaga persatuan dan kesatuan
d. mewujudkan pemerintahan yangkuat
4. Upaya rnenjaga persatuan di lingkunganmasyarakat dapat dilakukan
melaluisikapsaling....
a. menghormati c. mencurigai
b. mengawasi d. menjatuftkan
5. Keberagaman yang ada dalammasyarakat merupakan . . . .
a. identitas bangsa b. sumber kekacauan
c. kehendak masyarakat d. jalan
terjadinya konflik
6.Kegiatan yang memerlukan kekompakanatau kerukunan, adalah . . . .
a. sebagai pemain tunggal dalampertandingan
tenis
b, menjadi salah satu anggota kelompok tari
c. mengikuti lomba menyanyisecara solo
d. mengikuti ujian sekolah
7. Persatuan akan terwujud apabila semuaorang....
a. hidup individualis b. pandai
berteman
c. gemar belajar d. hidup rukun
8.Dalam'bergaul dengan teman sebaiknyakita....
a. tidak membeda-bedakan suku
b. tidak memilih teman yang miskin
c. memilih yang asal daerahnya sama
d. menghindari yang warna kulitnya ' beda
9. Hidup rukun dalam keluarga yang sudahterbina dengan baik dapatmenghindarkankitadari
....
a. persatuan b. perdamaian
c. permusuhan d. permufakatan
10. . Kegiatan ronda malam dimemberikan manfaatyaitu . . . .
a. mengatasi perbedaan b. menciptakan
keamanan
c; . rnenirnbulkan perselisihan d. menumbuhkan kesenjangan
11.Salah
satu langkah membaca intensifadalah menandai . . . Yang dianggap
penting.
a.
baris b. kata c. judul d. informasi
B. lsian
Ayo,
mengisi dengan tepat!
1.Hukum
yang digunakan lndonesiasebelum proklamasi yaitu hukum ..................
2.Kerukunan
senantiasa dibiasakan untukmewujudkan ., . dalam pertema"nan.
3.
Kita harus .....................teman yang terkenamusibah.
4.Menjaga
persatuan dan kesatuanmerupakan tanggung jawab . . . .
5.
Golongan berbeda pendapatdengan golongan muda tentang upayamemerdekakan
lndonesia.
6.
Sikap rendah . . . senantiasa dibiasakandalam pertemanan.
7.Pada
saat terjadi perbedaan pendapatdengan teman, sikap kita sebaiknya . . ;
8.Persatuan
dapatdiwujudkan dengan cara. . ....................... rukun.
9.
Keberagaman merupakan salah satu alas anmewujudkan.................
10.Kamu
membantu ibu bekerja sehinggapekerjaan ibu . . . selesai.
11.
Anggota keluarga PakJoni membersihkanlingkungan rumah dengan cara
sehingga
pekerjaan menjadi ringan dancepat selesai.
12.
Sikap yang menjunjung persatual dankesatuan bangsa dapat memperkuat . . .
nasional.
13.Gotong
royong merupakan wujud nyatadari semangat. . . dan. . . .
14.
Kegiatan gotong royong dapatmenciptakan rasa . . . sosial.
15.
Kebersamaan yang terjalin dalam gotongroyong melahirkan . . . dan . . . .
16.
Gotong ro/ong adalah kegiatan yangdilakukansecara....
17.
Gotong royong dilakukan untukkepentingan....
C. Uraian
Ayo,
menjawab dengan tepat!
1.
Jelaskantujuan pemyataan kemerdekaanbangsa lndonesia kepada dunia luar!
Jawab
:......................................................................................................
2.Mengapa
rakyat sangat dibutuhkandalam pembentukan suatu negara?
Jawab
:......................................................................................................
3.Tuliskan
tiga bentuk kebijaksanaan dalammenyikapi keberagaman !
Jawab
:......................................................................................................
4.
Mengapa bangsa lndonesia senantiasamenjaga keberagdman yang ada
dalammasyarakat?
Jawab
:......................................................................................................
5.
Bagaimana sebaiknya sikapmu apabila kamumemilikiteman yang berbeda agama?
Jawab
:......................................................................................................
6.Mengapa
kerukunan penting dalampertemanan?
Jawab
:......................................................................................................
7.
Bagaimana caranya agar tujuan bisatercapai dengan mudah dalam sebuahtim?
Jawab
:......................................................................................................
8.
Apa yang sebaiknya d ilakukan masyarakatagar hidup bisa. tenteram?
Jawab
:......................................................................................................
9.Tuliskan
tiga sifat yang harus dimilikiindividu agar persahabatan bisalanggeng!
Jawab
:......................................................................................................
10.
Mengapa setiap anggota tim haruskompak?
Jawab
:......................................................................................................
11.
Tuliskan tiga manfaat kerukunan dalampertemanan!
Jawaban:Tiga
manfaat kerukunan dalampertemanan sebagai berikut
12.Mengapa
bangsa lndonesia harus pedulidalam mewujudkan persatuan?
Jawab :......................................................................................................
13.
Bagairnana cara agar masyarakat hiduprukun dalam keberagaman?
Jawab
:......................................................................................................
14. Apa
tindakan yang dapat dilakukan siswadi kelas agar kondisi kelas tertib?
Jawab
:......................................................................................................
15’Apa arti
persatuan dan kesatuan?
Jawab :......................................................................................................
16. Sebutkan
tiga manfaat persatuan dankesatuan dalam lingkungan keluarga!
Jawab
:......................................................................................................
17.Apa
wujud nyata dari semangat persatuandan kesatuan?
18.
Jelaskan secara singkat arti gotongroyong!
19.
Apa manfaat adanya Persatuan dankesatuan bagi masyarakat?
20.Bagaimana
sikapmu jika ada kegiatangotong royong di kampung? .
21.Sebutkan
dua contoh manfaat persatuandan kesatuan dalam kehidupan
masyarakat sekitar!
B.Indo
kd.3.4 4.4
|
.Paragraf
berikut untuk nomor 1 dan 2!
Tentara
Amerika Serikat menjatuhkan
bom atom
diKota Hiroshima pada 6Agustus1945. Mereka juga menjatuhkan bom
diKotaNagasaki pada 9 Agustus 1945. Peristiwatersebut menyebabkan Jepang
menyerahkepada tentara Sekutu. Peristiwa ini dijadikankesempatan oleh
bangsa lndonesia untuksegera membebaskan diri dari penjajahan
bangsa Jepang.
|
1.Alasan tepat Jepang menyerah
Kepada.tentara Sekutu adalah ........
a. banyak
korban jiwa dari tentara
Jepang
b. sekutu menjatuhkan bom didua
kotadi Jepang
c. lndonesia menyatakan
kemerdekaanatas
Sekutu
d. bangsa
lndonesia membebaskan
diridari penjajajahan
2. lnformasi
pokok paragraf tersebut adalah
a. Jepang dijatuhi bom oleh
Sekutu,karena tidak ingin diajak kerja sama.
b. Jepang menjadi negara terkuat
yangmampu melawan penjajah Sekutu
c. Jepang menyerah kepadatentara
Sekutusetelah dijatuhi bom di dua kota.
d. Jepang masih tinggal dan menjajahlndonesia walaupun sudah kalah dari
Sekutu.
Paragraf berikut untuk nomor 3 dan 4!
Bung Karno
adalah salah satu tokohyang bersejarah dalam Kemerdekaan Negara
Republik
lndonesia. Bung Karno lahir di Blitar,Jawa Timur, 6 Juni 1901, dan
meninggaldi Jakarta,-21 Juni 1970. Bung Karnomenyusun konsep teks
proklamasi di rumahLaksamana ]adashi Maeda bersama BungHatta dan
Ahmad Subardjo. Kemudian, iamenandatangani teks proklamasi atas namabangsa
lndonesia bersama Bung Hatta.
|
paragraf adalah. ..
a. Dimana Bung Karno dimakamkan?
b. Siapa yang berjuang melawan
penjajah?
c. Apa jasa Bung Karno bagi bangsa
lndonesia?
d. Mengapa Bung Karno
menandatangani
teks proklamasi?
4. lde pokok paragraf tersebut adalah . . .
a. Jasa Bung Karno bagi bangsalndonesia.
b. Jasa Ahmad Subardjo bagi
rakyatlndonesia.
c. Penandatanganannaskahproklamasioleh
rakyat lndonesia.
d. Penyusunan konsep naskahproklamasi
diikuti tokoh bangsa.
Paragraf berikut untuk nomor 5 dan 7!
Sebelum
Soekarno-Hatta merumuskan
teks
Proklamasi, beliau menghadap JenderalNishimura. Jenderal Jepang
tersebutmenyatakan bahwa Jepang tetap akanmempertahankan kekuasaannya di
IndonesiaSoekarno-Hatta akhirnya memutuskanuntuk memproklamasikan
kemerdekaanlndonesia tanpa campur tangan Jepang.Kemudian, Soekarno-Hatta
menuju rumahLaksamana Maeda. Di kediaman ternyatatelah
berkumpulpara pemuda dan beberapatokoh PPKI.
|
Jepang tetap akan mempertahankan
kekuasaannya di lndonesia adalah . . . .
a. Nishimura
b. Muh. Hatta
c. lr. Soekbrno
d. Laksamana Maeda
6.Kalimat tanya yang sesuai dengan isi
paragraf adalah...
a. Bagaimana proses perundingan
dengan Jepang?
b. Siapa yang turut serta menghadap.Jenderal
Nishimura?
c. Di mana para pemuda lndonesia danPPKI
berkumpul?
d. Mengapa Jepang masih inginmenduduki
tanah lndonesia?
7. lde pokok paragraf tersebut adalah . . .
a. Soekarno-Hatta merumuskan
teksproklamasi.
b. Soekarno-HattamenghadapJenderalNishimura.
c. Soekarno-Hatta menandatanganiteks
Proklamasi.
d. Soekarno-Hatta
memproklamasikankemerdekaan lndonesia.
1) Abdul
Latief Hendraningrat termasuk
golongan mUda
ya.ng menjadi pemicu
diproklalnasikannya
kemerdekaan lndonesiapada l7Agustus 1945.2) Menyerahnya JepangkepadaSekutu
sudah diketahuioleh kaum mudalndonesia pada 14 Agustus 1945. 3)
Beritatersebut diketahui para pemuda dari siaran radio.
4) P ara
pemuda, termasukAbdul Latief, menuntutkepada Soekarno dan Hafta untuk
secepatnyamenyatakan kemerdekaan Indonesia.
|
8. Kalimat utama paragraf
tersebut
Terdapatpadanomor....
a. 1)
b. 2)
c. 3)
d. 4)
9. Kalimat tanya yang jawabannya
terdapatpada paragraf tersebut
adalah . . . .
a. Siapakah Soekarno dan Hatta?
b. Di mana Abdul Latief
Hendraningratdilahirkan?
c. Kapan Jepang menyerah kepadatentara
Sekutu?
d. Bagaimana sikap lr. Sukarno
terhadapgolongan muda?
10. lnformasi pokok dalam paragraf tersebutadalah . . . Abdul Latief Hendraningrat.
a.usaha b.
peran
c.gagasan d.
tugas
B. lsian
Ayo,
mengisi dengan tepat!
.Paragraf
berikut untuk nomor 1 dan 2!
Proklamasi
Kemerdekaan Yangdikumandangkan tanggal 17 Agustus'1945menjadi
peristiwa penting bagi bangsalndonesia. Peristiwa tersebut menjaditonggak
sejarah bangsa lndonesia berhakatas kemerdekaan. Bangsa lndonesia
jugamemiliki kewajiban mempertahankannya..
|
1.Kalimat
utama paragraf tersebut terdapatpadakalimat....
2.
Peristiwa yang menjadi tonggak sejarahbangsa lndonesia adalah . . .'
.Paragraf
berikut untuk nomor 3 dan 4!
Teks
Proklamasi Kemerdekaan diketikoleh Sayuti Melik. Sayuti Melik adalah tokoh
'pemuda yang
juga sangat berperan dalamProklamasi Kemerdekaan lndonesia. SayutiMelik
mengetik naskah proklamasi setelahia sempurnakan dari tulisan tangan
BungKarno.
|
3.Kalimat
utama paragraf tersebutterdapatpada kalimat. ......................
4.
Naskah proklamasi ditulis tangan olehUraian..................................
.Paragraf
berikut untuk nomor 5 dan 6!
1) lr. Soekamo
membacakan naskah teksproklamasi setelah dirumuskan bersama di
hadapan
hadirin. 2) Moh. Hatta menyarankanagar semua yang hadir
menandatanganinya.3) Namun, usul ini ditentang golonganmuda. 4) Sukarni
lalu. mengusulkan agarnaskah tersebut hanya ditandatangani
olehSoekarno-Hatta atas nama bangsa.lndonesia.5) Usul tersebut diterima
oleh semua pihak.lr. Soekarno lalu meminta Sayuti Melik untukmengetiknya..
|
5.Kalimat
utama paragraf tersebut terdapatpadakalimatangka....
.Paragraf
berikut untuk nomor 7,8 dan 9!
1) Bendera
Merah Putih yang dijahitFatmawati akan dikibarkan dengan bambu.
2) Pasukan
PETA di bawah komandanSyudanco Abdul Latief Hendraningrat dan
Syudanco
Abdurrahman, telah berjaga disekitar rumah Pegangsaan Timur Nomor 56,
Jakarta- 3)
Hariitu lTAgustus 1945 persiapankemerdekaan disiapkan dengan sederhanadan
diselimuti suasana cemas.
|
7.Kalimatutamaparagratersebutterdapatpada
kalimat nomor. . . .
8.
Tokoh yang mengamankan rumahlr. Soekarno adalah . . . dan . . . .
9.
Persiapan kemerdekaan lndonesiadilakukan
di.. . .
10.
C. Uraian
.Paragraf
berikut untuk nomor 1 dan 2!
Peristiwa
Rengasdengklok terjadipada 16 Agustus 1945. Pada saat itugolongan muda
mengamankan Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok. Tujuan dari
pengamanan
tersebut agar Soekarno-Hatta tidak terpengaruh oleh Jepang'
Golongan muda
membawa Soekarno-Hatta 'ke Rengasdengklok karena wilayah tersebutberada di
bawah kekuasaan pasukan Peta.Dengan demikian, wilayah Rengasdengklokbebas
dari pengawasan JePang.
|
1.Apakah
ide pokok paragraf tersebut?
.Paragraf
berikut untuk nomor 3 dan 4!
Fatmawati
bernama asli Fatimah, lahirdiBengkulu'p ada 1923. Beliau meninggal dunia'di
Jakarta pada 1980. Beliau dimakamkandi Taman Makam Pahlawan di
Kalibata,Jakarta. Fatmawati menjahit bendera pusakasang Saka Merah Putih
yang dikibarkanpada upacara Proklamasi Kemerdekaanlndonesia.
|
3.Apakah
ide pokok dalam paragraftersebut?
4.
Buatlah dua kalimat tanya yangdijawab dengan pernyataanparagraf!
.Paragraf
berikut untuk nomor 5 dan 6!
Usai pembacaan
Teks Proklamasi, AbdulLatief bertindak sebagai pengibar Sang
Saka Merah
Putih bersama Suhud SastroKusumo, orang kepercayaannya. Upacara
Kemerdekaan
pada 17 Agustus 194S itudilakukan dengan sangat sederhana. Bendera
pusaka
dikibarkan di sebatang bam.bulantaran situasi darurat. Seluruh rangkaian
acara tersebut
terselenggara dengan relatiflancar di bawah kendaliAbdul Latief.
|
5.Apakah
ide pokok dalam paragraftersebut?
6.
Tuliskan informasi-informasi penting dariparagraf tersebut!
A. Ayo memilih dengan jawaban yang tepat!
a.
b.
Ipa
kd. 3..3 4.3
|
Tumbuhan
pada gambar di samping
beradaptasi
terhadap lingkungannya
dengancara....
a.
berdaun tebaldan lebar
b.
merirpunyai akar-akar kecil
c.
bunga yang selalu menguncup
d.
menyimpan air dalam batangnya
3. Teratai memiliki daun lebar dan tipis
yangberfungsiuntuk....
a.menjaga
keseimbangan ketika diair
b.mempercepat
penguapan air
c.
menyimpan cadangan air
d.
mencegah penguapan air
4.Perhatikan data berikut.
1)
Daun berbentuk duri.
2)
Daun lebar dan tipis.
3)
Batang berdaging dan berlapis lilin.
4)
Tangkai berongga udara.
5)
Stomata banyak.
6).Akar
tumbuh panjang di dalamtanah.
Ciri-ciri
tumbuhan xerofit ditunjukkan olehangka. . . .
a.
1), 3), dan 5) b.
1), 3), dan 6)
c.
2);4), dan 5) . d.
2),4), dan 6)
5.Bebek mempunyai jari kaki berselaput.Fungsi
ciri kfiusus tersebut adalah . . . .
a.
untuk menangkap mangsa yangterdapat di dam air
b.untuk
memudahkan berjalan dilumpur dan berenang
c.untuk
memudahkan mengais makanan di darat
d.sebagai
alat pertahanan diri daripemangsa
6.Pasangan yang tepat antara hewandan bentuk adaptasi untuk melindungi diri
dari musuhadalah............
|
Hewan
|
Bentuk adaptasi
|
A
|
Belalang daun
|
Berpura-pura mati
|
B
|
Kaki seribu
|
Mengeluarkan bau yang
sangat menyengat
|
C
|
Siput
|
Menggulungkan
tubuhnya
|
D
|
Kalajengking
|
Memiliki sengat
beracun
|
Diridari
musuh menggunakan , . . .
a.
warna tubuh
b.
taring beracun
c.
tubuh yang besar
d.
cangkang yang keras
8.Pemanfaatan hewan berikut yang
tepatadalah....
|
Hewan
|
bagian
|
manfaat
|
A
|
Burung puyuh
|
telur
|
kosmetik
|
B
|
sapi
|
daging
|
Bahan kerajinan
|
C
|
angsa
|
bulu
|
Bahan kerajinan
|
D
|
Kerang laut
|
cangkang
|
Bahan makanan
|
9. Hewan cumi-cumi melindungi dirinya musuh dengan cara ..............
a.
memasukkan tubuhnya ke dalam cangkang
b.
menyemburkan tinta
c.
mengeluarkan bau tak sedap
d.
muncul ke permukaan air
10. Berikut hewan yang beradaptasi dengan cara
autotomi adalah..............
a.
cecak
b.
kecoak
c.
siput
d.
trenggiling
11.Belalang menyesuaikan diri dengan
cra..................
a.
mimikri
b.
autotomi
c.
menggiling
d.
kamuflase
12.Fungsi paruh bebek yang lebar dan tipis
yaitu .............
a.
mengoyak daging
b.
meminum air sebanyak-banyaknya
c.
menyaring makanan dan air
d.
menggaruk tanah
13.Hewan tikus celurut membela diri dengan cara
..............
a.
pura-pura mati
b.
mengeluarkan bau busuk
c.
mengubah warna bulu
d.
manampakkan kuku tajam
14.Kelelawar dapat terbang denganarah yang
benar pada malam hari
menggunakan....
a.
prinsip pemantulan cahaya
b.
teknik meraba
c.
sistem sonar
d.
penglihatan yang sangat tajam
15. Cecak memutuskan ekornya bertujuanuntuk
...........
a.
berkembang biak
b.
memancing mangsanya
c.
mengelabuhi musuhnya
d.
menjebak mangsanya
15. Minyak daritumbuhan berikut yang
bisadigunakan untuk membuat obat-obatandan kosrnetika adalah ....
a..
kemiri
b.
ulin
c.
kayu manis
d.
kayu jati
B. lsian
Ayo,
mengisi dengan tepat!
1.Batang
eceng gondok berongga. Cirikhas tersebut bermanfaat untuk . . . dipermukaan
air.
2.
Daun teratai berbentuk bulat danlebar. Bentuk tersebut berfungsi
untukmengurangi . . . dan menangkap' . ...........untukkeperluan memasak
makanan'
3.Kaktus
dapat mengurangi penguapandengan permukaan daun yang. . . .
4.
Eceng gondok, teratai, dan hidrilatermasuk kelompok tumbuhan . . . .
5.
Buah sawo melindungidiridarimusuhnyamenggunakan....
6.Setiap
hewan memiliki ciri khusus yangberhubungan dengan . . . . '
7.
Ciri khusus hewan yang hidup di dalam air memiliki . . . untuk bernapas.
8.
Cecak dan bunglon menangkapmangsanya dengan menggunakan . . .
panjang
dan lengket.
9.
Unta menyimpan cadangan makanan dibagian....
10.ikan
memiliki alat pernafasan berupa .................
11.Cara
makhluk hidup menyesuaikan diridengan lingkungannya disebut . . . .
12.
Tujuan utama makhluk hidup melakukanadaptasi untuk....
13.
Hewan jenis serangga yang melindungidiri dari musuh dengan mengeluarkan
bau
yang sangat menyengat adalah . . . .
14.Kemampuan cecak memutuskan
ekornyadisebut....
15.Burung memiliki bentuk paruh
yangberbeda-beda. Perbedaan tersebut
sebagai
bentuk adaptasi terhadap . . . .
16. Bentuk mulut nyamuk adalah . . . .
17.Kemampuan bunglon mengubah
warnatubuhnyadisebut....
18.Serai dan kayu manis dimanfaatkanoleh
ibu-ibu sebagai . . . masakan.
19.Jelaskan cara bebek beradaptasi kelelawar
dan ciri khusus yang dimilikinya!
C. Uraian
Ayo,
menjawab dengan tepat!
1.Bagaimana
pohon mahoni beradaptasisaat musim kemarau?
2.Tuliskan
tiga contoh tumbuhan hidrofit!
3.
Tuliskan ciri-ciri khusus tumbuhan kaktusbeserta fungsinya!
4.
Bagaimana cara tumbuhan cabaimelindungidiri?
5.Jelaskan
tujuan makhluk hidup memiliki ciri khusus!
6.
Apakah yang dimaksud denganekolokasi?
7.
Sebutkan ciri.ciri khusus pada bebek!
8.
Mengapa cecak dapat merayap didinding?
9.
Jelaskah mengapa penguin dapat hidupdi lingkungan yang sangat dingin!
10.Sebutkan
ciri khusus pada kelelawar!
11.
Sebutkan ciri khusus pada katak!
12.Mengapa
bentuk paruh dan kaki burungberbeda-beda?
13.
Bagaimana cata belalang daunmengelabui musuhnya?
14.Jelaskan
bagaimana cara sapi menyerangmusuhnya?
15.Bagaimana
cara nyamuk beradaptasiuntuk memperoleh sumber makanan?
16.Sebutkan
tiga bentuk paruh burungbeserta fungsinya!
17.Mengapa
hewan melakukan adaptasi?
18.Beberapa
jenis hewan dapat dimanfaatkanuntuk bahan sandang. Sebutkan
dan
jelaskan lima hewan trersebut danpemanfaatannya!
19.Sebutkan
bagian-bagian pohon kelapadan manfaatnya!
20.Bagaimana
cara bebek beradaptasi dengan lingkungan hidupnya?
Ips
kd. 3.3 4.3
|
1.Karakter individu yang dapat
memperkuatpertemanan, adalah . . . .
a.
jujur c.
sombong
b.
angkuh ' d.
rendah diri
2. Tokoh yang berangkat keDalatselain Moh.Hatta
dan dr. Radjiman Wedyodiningrat,yaitu....
a.
Supomo b.
Soetomo
c.
lr. Soekarno d.
Muh. Yamin
3.Proklamasi kemerdekaan dapat dimaknai .dengan
mengikuti pemilihan umum(pemilu) untuk pemilihan calon pemimpindagrah. Apabila
melihat orang tua ataukakak kita tidak ikut serta dalam
pemilu,kamusebaiknya....
a.
mengingatkannya b.
menasihatinya
c.
membiarkannya d.
memarahinya
4.Perhatikan penerapan makna
proklamasikemerdekaan berikut.
1)
Membela dan melindungi keluargaketika ada permasalahan.
2)Menaati
peraturan rambu-rambu lalulintas.
3)
Belajar dengangiat dan sungguh-'sungguh,
4)
Selalu mengikutiupacara benderadengan tertib.
Penerapan
wujud memaknai proklamasikeme;dekaan dalam kehidupan sehariharidi rumah
terdapat pada nomor. . . .
a.1)dan 2) b.
1) dan 3)
c. 2)dan4)' d.
3) dan 4)
5.Salah satu contoh wujud memaknaiproklamasi
kemerdekaan adalah
mengikuti
upacara bendera. Upacarabpndera d imaksudkan untuk-membentuksikap....
a.
bekerja keras b.
berjiwa nasionalis
c.
pantang menyerah d.
membela kebenaran
6.Faktor utama terjadinya pertempuran
10November 1945 adalah rakyat Surabayamenolak. . . .
a.kerja
sama dengan Sekutu
b.ultimatum
dari pihak Sekutu
c.membebaskan
tawanan Jepang
d.penjajahan
kembali oieh Belanda
7.Perhatikan tokoh berikut.
1)
Bung Tomo
2)
Gubemur Suryo
3)
KolonelSungkono
4)
JenderalSudirman
5)
JenderalNasution
Tokoh
yang mernimpin pertempuran 10November 1945 di Surabaya
ditunjukkanolehangka........................
a.
1), 2), dan 3) b.
1), 3), dan 4)
c.2),4),
dan 5) d.
3),4), dan 5)
8.Perjanjian Renville dilakukan
antarapihak...dan....
a.
lndonesia dan Belgia b.
lndonesia dan Belanda
c.
Belanda dan Australia d.
Belanda dan Amerika Serikat
9. Bagaimana Perjanjian Renvilledilaksanakan?
a.
Perjanjian Renville dilaksanakanpada'17 Januari 1948.
b.
Perjanjian Renville dilakukan antarapihak Belanda dan lndonesia.
c. Fqrjanjian Renville dilakukan di.ataskapal
perang Amerika Serikat (USS
Renville).
d. Perjanjian Renville melibatkan tiganegara
dalam perundingan, yaitu
,Amerika
Serikat, Australia, dan Belgia.
10.Mengangkat secara bersama-sama
ataumengerjakan sesuatu secara bersamasamadisebut....
a.
gotong royong b.
musyawarah
c.
mufakat. d.
voting
11. Contoh manfaat persatuan dan kesatuandalam
kehidupan masyarakat adalah . . . .
a.
menimbulkan perselisihan
b.
menciptakan kesenjangan sosial
c.
rnenghasilkan hubungan harmonis
d.
melahirkan sikap kedaerahan yangsempit
12.Pertempuran Ambarawa memiliki
artipentingkarena....
a.
kekuatan pasukan TKRAmbarawa
b.
letak Ambarawa yangpegunungan
c.
Ambarawa memiliki stasiun kdretaapi
d.
posisiAmbarawa sangat strategis
13.
Masyarakat Bandung menjawabultimatum kedua Sekutu dengan
. membumihanguskan kota. Sikap tersebutdilakukanagar....
a.
Sekutu tidak dapat memanfaatkaninfrastruktur di Kota Bandung
b.
Sekutu tidak dapat mengejarmasyarakat Bandung yang melarikandiri
c.
masyarakat Bandung mepiliki I persenjataan untuk menghhdapiSekutu
d.
TKRdapatmenarikpasukannyadari daerah-daerah kantong gerilya
14.Pada saatterjadiAgresiMiliter ll
Belanda,Presiden Soekarno menulis surat kepadabeberapa tokoh lndonesia di
lndia. Sikaptersebut bertujuan . . . .
a.
mengirim bantuan senjata dari lndiake lndonesia
b.
membentuk Peimerintahan I ndonesiadi pengasingan
c.
mencari dukungan luar negeri,khususnya dari Pemerintah lndia
d. mencari pasukan dari lndia untuk d.membantu
melawam Agresi Militer llBelanda
15.Bagaimanakah suasana saat terjadiPertempuran
Ambarawa? .
a.
PertempuranAmbarawaberlangsungsengit dan damai..
b.
PertempuranAmbarawa berlangsungdamai dan santai
c.
PertempuranAmbarawaberlangsungsengit dan menegangkan.
d.
PertempuranAmbarawa berlangsungtenang dan menegangkan
16.B,agaimanakah suasana saat terjadiPertempuran
Ambarawa? .
a.
PertempuranAmbarawaberlangsungsengit dan damai..
b.
PertempuranAmbarawa berlangsungdamai dan santai
c.
PertempuranAmbarawaberlangsungsengit dan menegangkan.
d.
PertempuranAmbarawa berlangsungtenang dan menegangkan.
17.Tindakan yang dapat dilakukan pesertadidik
sebagai upaya mewujudkan , persatuanalah....
a.
mengerjakan soal ujian nasional
b.
mengembalikan buku ke perpustakaan
c.
membersihkan kelas bersama reguPiket
d.
menjelaskan jawaban atas pertanyaanyang disampaikan guru
18. Perjuangan para pahlawan merebutkemerdekaan
merupakan tindakan . . . .
a.
cinta tanah air c.
keberanian
b.
kebanggaan d.
solidaritas
19.Kegiatan yang mencerminkan
aktivitaspelestarian lingkungan adalah . . . .
a.
memotong tanaman yang tumbuhsecara liar di hutan
b.
melakukan perburuan terhadaphewan yang berbahaya
c.
membuang sampah bahan kimiapada lempatnya
d.
menjual suvenir hewan langka
20. Tempat yang termasuk pelestarian
insituadalah....
a.
Kebun Botani b.
Taman Nasional Komodo
c.
kebun plasma nutfah d.
kebun koleksi
21. Tempat yang sesuai untuk pelestarianalam ex
situ adalah . . . .
a.
Taman Nasional Ujung Kulon b.
Taman Nasional Komodo
c.
Taman Nasional Kerinci d.
kebun botani
22.Kondisi ekonomi bangsa lndonesiapada masa
awal kemerdekaan adalah
a.
terjadi peningkatan ekonomi karenawarisan perekonomian Jepang
b.
perekonomian lndonesia stabilkarena masih dikendalikan olehJepang
c. bangsa lndonesia menghadapi kekacauan sistem
perekonomian dankeuangan
d. perekonomian melemah sehinggamendapdt
bantuan modal dariorganisasi dunia PBB
B. lsian
Ayo, mengisi dengan tepat!
1.
Golongan . . . ingin kenierdekaan tidak dicampuri oleh pihak Jepang.
2.
lr.Soekarno................ dan dr. Radjiman Wedyodiningrat pergi ke Dalat.
3.
Kekompakan dalam sebuah tim harus diwujudkan agar tujuan bisa . . . .
4.Dalam
lingkungan keluaiga pembagiantugas pekerjaan di rumah secara adildapat
dilakukan dengan cara . . . .
5.Salah
satu contoh sikap cinta tanah airterhadap lingkungan hidup
dengan
cara .....................
6.Peristirlva
yang rnenyebabkan Sekutumengultimatum rakyat Surabaya adalah
terbunuhnya....
7.Setiap
10 November bangsa lndonesiamemperingati hari ....
8.Budaya
gotong royong merupakanidentitas. . . .
9.
Persatuan dan kesatuan dalamkehidupan masyarakat sekitar bermanfaat
menciptakan
rasa....................antarwargamasyarakat.
10.Untuk
memperingati peristiwaPertempuran Ambarawa pemerintah
membangunmonumen....
11.
Laskar Medan yarrg dibentuk oleh TKRpada l0Agustus 1946 adalah . . . .
12.
Pada saat diberi mandat untukmembentuk satu kabinet dan mengambil
alih,pemerintah
pusat Mr. SyafruddinPrawiranegara berada di . . . .
13.
Kemerdekaan bangsa lndonesia ditandaidengan peristiwa pembacaan . . .
lndonesia
pada 17 Agustus 1945.
C. Uraian
Ayo,
menjawab dengan tepat!
1.Apa
tujuan Jepang memberikan janjikemerdekaan kepada lndonesia?
2.
Bagaimana sikap golongan muda terkaitkemerdekaan yang hendak diwujudkan?
3.Berikanlah
tiga contoh penerapan maknaproklamasi kemerdekaan di lingkunganmasyarakatl
3.
Sebagai generasi muda, kita harusmenghargai dan menghormati jasapahlawan.
tsagaimana cara menghargaijasa para pahlawan?
4.
Wujud memaknai kemerdekaan denganmenunjukkan rasa kebersamaan untuksaling
m,embantu dalam melakukanpembangunan. Keadaan ini tecermindalam budaya gotong
royong bangsalndonesia. Sebutkan manfaat gotongroyong yang telah menjadi
budayabangsa tersebut!
5.Bagaimana
tanggapan lr. Soekarnoterhadap perjuangan para pahlawan?
6.
Deskripsikan peran Jenderal Soedirmandalam perjuangan memperta.hankan
Kemerdekaan
Idonesia?
7
Jelaskan latar belakang pertempuranMedan Area!
Apa
tujuan Agresi Militer I Belanda?
SBdP
kd. 3.3 4.3
|
1.Perhatikan gambar berikut.
Pola
lantaiyang ditunjukkan
pada
gambaradalah....
a.
zig-zag
b.
segitiga
c.
horizontal
d.
vertical
2.Berikut bukan merupakan tari
kreasiadalahtari
....
a.
Merak c.
Serimpi
b.
Kupu-kupu d.
Manipuri
Pola
lantaiyang ditunjukkan dalam gerak
tari
berpasangan di atas adalah pola
lantai
....
a.
garis diagonal
b.
garis hoiizorrtal
c.
angka delapan
d.
lingkaran
4.
Pada dasarnya, garis di lantaisaat penarimelakukan' gerak tari terdiri atas dua
polayaitu garis lurus dan garis . .
a.lengkung b,. datar
c.diagonal d.
vertikal
5.Berikut
iringan tari internal adalah . . . .
a.
nyanyian c.
gamelan
b.
CD musik d.
permainan rebana
6.Gerakan
pada tari lndang sebagianbesar dilakukan dengan formasi garis................
a.diagonal b.
horizontal
c.vertikal d.
Zig-zag
7.Tari
Indang jenis tari..............
a.tunggal b.
kelompok
c.berpasangan d.
massal
8.Banyak
penari yang memperagakan.tari lndang adalah .
a.dua b.
empat
c.enam d.
tujuh
9.Bentuk
tari lndang adalah . . . .
a.
tunggal c.
kelompok
b.
berpasangan d.
massal
10.
Jumlah penari yang memperagakan tarilndangadalah....
a.empat b.
tujuh
c.enam d.
sepuluh
B. lsian
Ayo,
mengisi dengan tepat!
1.Garis
di lantai yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari disebut . . . .
2.Perhatikan
gambar berikut.
Pola
lantai yang ditunjukkan gambaradalah pola lantai garis . . . .
3.Pola lantai garis lurus dari depan kebelakang
atau sebaliknya disebut pola
lantai
....
4. Pola lantai yang dibentuk oleh penariyang
berbaris membentuk garis lurus ke
samping
disebut pola lantai . . . .
5.Penari kelompok menarikan tari kreasi.Mereka
membentuk formasi angkadelapan. Angka delapan merupakanpengembangan bentuk pola
lantai garis
6.Seorang penari melakukan gerak taridengan
melangkah miring ke belakang.Penari tersebut membentuk pola lantalgaris....
7.Tata rias dalam peragaan karya taridiperlukan
untuk menciptakan wajah
sesuai
dengan...tari.
8.Semua gerakan tari lndang tampdk
sepertigerakan tari Saman asal Aceh. Akan
tetapi,
gerakan tari lndang cenderunglebih....
9.Semua gerakan tari lndang tampakseperti
gerakan tari Saman. Tari Saman
berasal
dari ....
10. Formasi yang dibentuk penari
dalammemperagakan tari lndang sebagian
besar
adalah formasi garis . . .
11.Tari lndang lebih banyak
menggunakanpolalantai ....
12. Permainan alat musik termasuk iringantari
....
C. Uraian
Ayo,
menjawab dengan tepat!
1.Apa
yang dimaksud pola lantai?
2.,
Garis di lantaiada dua macam. Sebutkan!
3.
Bagaimana pola lantai pada tari Kupu-Kupu?Jelaskan!
4.
Apa kesan yang ditimbulkan dari polalantai garis lurus dan garis lengkung?
Jelaskan!
5.
Bentuk pola garis lurus dapatdikembangkanberbagai pola lantai. Sebutkan!
6.Apa
saja behtuk pengembangan dari pola lantai garis lengkung?
7.
Apa yang dimaksud tari kreasi daeiah?
Sebutkan
dua contoh!
8.Apa yang dimaksud tari kreasi? Jelaskanl
9. Bagaimana pola lantai dalam tarikreasi?
10.Dalam memperagakan karya tari perlu
persiapan. Apa tujuan persiapanperagaan karya tari?
11. Sebutkan bentuk karya tari!
12.Apa perbedaan gerakan tari lndang dantari
Saman? Jelaskan!
13. Bagaimana busana tari lndang?
14. Bagaimana gerakan dalam tari lndang?
15.Bagaimana busana tari lindang?
16.Jelaskan gerakan pada tari lndang!
17, Apa perbedaan gerak tari lndang dan tari
Saman? Jelaskan!
18.Mengapa penentuan bentuk karya
taridiperlukan dalam persiapan peragaan karyatari
Tidak ada komentar:
Posting Komentar