Senin, 02 Desember 2019

Selasa,3 Desember 2019


A. Ayo memilih dengan jawaban yang tepat!
PPKn kd. 3.4 4.4
 


1.Perhati kan pernyataan-pernyataanberikut.
     1) Perirerintahan yang berdaulat.
     2) Memiliki hukum.nasional.
     3) Memilikiwilayah.
     4) Memiliki rakyat.
     5) lkut melaksanakan ketertiban dunia.
     Syarat yang diperlukan untuk membentuk
     sebuah negara ditunjukkan oleh pernyataanangka....
     a. 1),2), dan 3)                                                         c. 2),3), dan 4)
     b. 1), 3), dan 4)                                                       d. 2),3), dan 5)
2.Proklamasi kemerdekaan lndonesiamenjadi puncak revolusi dan tonggaksejarah bangsa lndonesia untuk terbebasdari belenggu kolonialisme. Berikutpernyataan yang tepat mengenai maknaproklamasi sebagai titik tolak perubahanhukumyaitu....
a. Soekarno-Hatta atas nama bangsaI ndonesia menyatakan kemerdekiankepada dunia luar.
b.tujuan negara lndonesia tersuratdalam Pembukaan Undang-Undang
Dasar 1945 alinea keempat
c. pemimpin-pemimpin bangsalndonesia berusaha menyusunkonsitusi baru yang sebelumnyamenggunakan hukum kolonial
d. setelah proklamasi kemerdekaan,lndonesia lndonesia menumbuhkansemangat Persatuan dalammasyarakat dengan budaya gotongroyong
3.Menjaga keberagaman bangsa lndonesiamerupakan upaya untuk . . . .'
a. menciptakan ketertiban dunia
b. memenuhi kepentingan.pribadi
c. menjaga persatuan dan kesatuan
d. mewujudkan pemerintahan yangkuat
4. Upaya rnenjaga persatuan di lingkunganmasyarakat dapat dilakukan melaluisikapsaling....
a. menghormati                                           c. mencurigai
b. mengawasi                                              d. menjatuftkan
5. Keberagaman yang ada dalammasyarakat merupakan . . . .
a. identitas bangsa                           b. sumber kekacauan
c. kehendak masyarakat                              d. jalan terjadinya konflik
6.Kegiatan yang memerlukan kekompakanatau kerukunan, adalah . . . .
a. sebagai pemain tunggal dalampertandingan tenis
b, menjadi salah satu anggota kelompok tari
c. mengikuti lomba menyanyisecara solo
d. mengikuti ujian sekolah
7. Persatuan akan terwujud apabila semuaorang....
a. hidup individualis                                   b. pandai berteman
c. gemar belajar                                           d. hidup rukun
8.Dalam'bergaul dengan teman sebaiknyakita....
a. tidak membeda-bedakan suku
b. tidak memilih teman yang miskin
c. memilih yang asal daerahnya sama
d. menghindari yang warna kulitnya ' beda
9. Hidup rukun dalam keluarga yang sudahterbina dengan baik dapatmenghindarkankitadari ....
a. persatuan                                     b. perdamaian
c. permusuhan                                            d. permufakatan
10. . Kegiatan ronda malam dimemberikan manfaatyaitu . . . .
a. mengatasi perbedaan                               b. menciptakan keamanan
c; . rnenirnbulkan perselisihan                    d. menumbuhkan kesenjangan
11.Salah satu langkah membaca intensifadalah menandai . . . Yang dianggap
penting.
a. baris                    b. kata                          c. judul                        d. informasi
B. lsian
Ayo, mengisi dengan tepat!
1.Hukum yang digunakan lndonesiasebelum proklamasi yaitu hukum ..................
2.Kerukunan senantiasa dibiasakan untukmewujudkan ., . dalam pertema"nan.
3. Kita harus .....................teman yang terkenamusibah.
4.Menjaga persatuan dan kesatuanmerupakan tanggung jawab . . . .
5. Golongan berbeda pendapatdengan golongan muda tentang upayamemerdekakan lndonesia.
6. Sikap rendah . . . senantiasa dibiasakandalam pertemanan.
7.Pada saat terjadi perbedaan pendapatdengan teman, sikap kita sebaiknya . . ;
8.Persatuan dapatdiwujudkan dengan cara. . ....................... rukun.
9. Keberagaman merupakan salah satu alas anmewujudkan.................
10.Kamu membantu ibu bekerja sehinggapekerjaan ibu . . . selesai.
11. Anggota keluarga PakJoni membersihkanlingkungan rumah dengan cara
sehingga pekerjaan menjadi ringan dancepat selesai.
12. Sikap yang menjunjung persatual dankesatuan bangsa dapat memperkuat . . .
nasional.
13.Gotong royong merupakan wujud nyatadari semangat. . . dan. . . .
14. Kegiatan gotong royong dapatmenciptakan rasa . . . sosial.
15. Kebersamaan yang terjalin dalam gotongroyong melahirkan . . . dan . . . .
16. Gotong ro/ong adalah kegiatan yangdilakukansecara....
17. Gotong royong dilakukan untukkepentingan....

C. Uraian
Ayo, menjawab dengan tepat!
1. Jelaskantujuan pemyataan kemerdekaanbangsa lndonesia kepada dunia luar!
     Jawab :......................................................................................................
2.Mengapa rakyat sangat dibutuhkandalam pembentukan suatu negara?
Jawab :......................................................................................................
3.Tuliskan tiga bentuk kebijaksanaan dalammenyikapi keberagaman !
Jawab :......................................................................................................
4. Mengapa bangsa lndonesia senantiasamenjaga keberagdman yang ada dalammasyarakat?
Jawab :......................................................................................................
5. Bagaimana sebaiknya sikapmu apabila kamumemilikiteman yang berbeda agama?
Jawab :......................................................................................................
6.Mengapa kerukunan penting dalampertemanan?
Jawab :......................................................................................................
7. Bagaimana caranya agar tujuan bisatercapai dengan mudah dalam sebuahtim?
Jawab :......................................................................................................
8. Apa yang sebaiknya d ilakukan masyarakatagar hidup bisa. tenteram?
Jawab :......................................................................................................
9.Tuliskan tiga sifat yang harus dimilikiindividu agar persahabatan bisalanggeng!
Jawab :......................................................................................................
10. Mengapa setiap anggota tim haruskompak?
Jawab :......................................................................................................
11. Tuliskan tiga manfaat kerukunan dalampertemanan!
Jawaban:Tiga manfaat kerukunan dalampertemanan sebagai berikut
12.Mengapa bangsa lndonesia harus pedulidalam mewujudkan persatuan?
Jawab :......................................................................................................
13. Bagairnana cara agar masyarakat hiduprukun dalam keberagaman?
Jawab :......................................................................................................
14. Apa tindakan yang dapat dilakukan siswadi kelas agar kondisi kelas tertib?
Jawab :......................................................................................................
15’Apa arti persatuan dan kesatuan?
Jawab :......................................................................................................
16. Sebutkan tiga manfaat persatuan dankesatuan dalam lingkungan keluarga!
Jawab :......................................................................................................
17.Apa wujud nyata dari semangat persatuandan kesatuan?
18. Jelaskan secara singkat arti gotongroyong!
19. Apa manfaat adanya Persatuan dankesatuan bagi masyarakat?
20.Bagaimana sikapmu jika ada kegiatangotong royong di kampung? .
21.Sebutkan dua contoh manfaat persatuandan kesatuan dalam kehidupan
masyarakat sekitar!

B.Indo kd.3.4 4.4
Bahasa Indonesia
.Paragraf berikut untuk nomor 1 dan 2!
Tentara Amerika Serikat menjatuhkan
bom atom diKota Hiroshima pada 6Agustus1945. Mereka juga menjatuhkan bom diKotaNagasaki pada 9 Agustus 1945. Peristiwatersebut menyebabkan Jepang menyerahkepada tentara Sekutu. Peristiwa ini dijadikankesempatan oleh bangsa lndonesia untuksegera membebaskan diri dari penjajahan
bangsa Jepang.
 

1.Alasan tepat Jepang menyerah
Kepada.tentara Sekutu adalah ........
a. banyak korban jiwa dari tentara
Jepang
b. sekutu menjatuhkan bom didua
kotadi Jepang
c. lndonesia menyatakan
kemerdekaanatas Sekutu
d. bangsa lndonesia membebaskan
diridari penjajajahan
2. lnformasi pokok paragraf tersebut adalah
a. Jepang dijatuhi bom oleh Sekutu,karena tidak ingin diajak kerja sama.
b. Jepang menjadi negara terkuat yangmampu melawan penjajah Sekutu
c. Jepang menyerah kepadatentara Sekutusetelah dijatuhi bom di dua kota.
d. Jepang masih tinggal dan menjajahlndonesia walaupun sudah kalah dari
Sekutu.
Paragraf berikut untuk nomor 3 dan 4!
Bung Karno adalah salah satu tokohyang bersejarah dalam Kemerdekaan Negara
Republik lndonesia. Bung Karno lahir di Blitar,Jawa Timur, 6 Juni 1901, dan meninggaldi Jakarta,-21 Juni 1970. Bung Karnomenyusun konsep teks proklamasi di rumahLaksamana ]adashi Maeda bersama BungHatta dan Ahmad Subardjo. Kemudian, iamenandatangani teks proklamasi atas namabangsa lndonesia bersama Bung Hatta.
3. Kalimat tanya yang sesuai dengan isi
paragraf adalah. ..
a. Dimana Bung Karno dimakamkan?
b. Siapa yang berjuang melawan
penjajah?
c. Apa jasa Bung Karno bagi bangsa
lndonesia?
d. Mengapa Bung Karno
menandatangani
teks proklamasi?
4. lde pokok paragraf tersebut adalah . . .
a. Jasa Bung Karno bagi bangsalndonesia.
b. Jasa Ahmad Subardjo bagi rakyatlndonesia.
c. Penandatanganannaskahproklamasioleh rakyat lndonesia.
d. Penyusunan konsep naskahproklamasi diikuti tokoh bangsa.

Paragraf berikut untuk nomor 5 dan 7!
Sebelum Soekarno-Hatta merumuskan
teks Proklamasi, beliau menghadap JenderalNishimura. Jenderal Jepang tersebutmenyatakan bahwa Jepang tetap akanmempertahankan kekuasaannya di IndonesiaSoekarno-Hatta akhirnya memutuskanuntuk memproklamasikan kemerdekaanlndonesia tanpa campur tangan Jepang.Kemudian, Soekarno-Hatta menuju rumahLaksamana Maeda. Di kediaman ternyatatelah berkumpulpara pemuda dan beberapatokoh PPKI.
5. Tokoh yang menyatakan bahwa
Jepang tetap akan mempertahankan
kekuasaannya di lndonesia adalah . . . .
a. Nishimura
b. Muh. Hatta
c. lr. Soekbrno
d. Laksamana Maeda
6.Kalimat tanya yang sesuai dengan isi
paragraf adalah...
a. Bagaimana proses perundingan
dengan Jepang?
b. Siapa yang turut serta menghadap.Jenderal Nishimura?
c. Di mana para pemuda lndonesia danPPKI berkumpul?
d. Mengapa Jepang masih inginmenduduki tanah lndonesia?
7. lde pokok paragraf tersebut adalah . . .
a. Soekarno-Hatta merumuskan teksproklamasi.
b. Soekarno-HattamenghadapJenderalNishimura.
c. Soekarno-Hatta menandatanganiteks Proklamasi.
d. Soekarno-Hatta memproklamasikankemerdekaan lndonesia.
1) Abdul Latief Hendraningrat termasuk
golongan mUda ya.ng menjadi pemicu
diproklalnasikannya kemerdekaan lndonesiapada l7Agustus 1945.2) Menyerahnya JepangkepadaSekutu sudah diketahuioleh kaum mudalndonesia pada 14 Agustus 1945. 3) Beritatersebut diketahui para pemuda dari siaran radio.
4) P ara pemuda, termasukAbdul Latief, menuntutkepada Soekarno dan Hafta untuk secepatnyamenyatakan kemerdekaan Indonesia.
Paragraf berikut untuk nomor 8 dan 10!
8.  Kalimat utama paragraf tersebut
 Terdapatpadanomor....
a. 1)
b. 2)
c. 3)
d. 4)
9. Kalimat tanya yang jawabannya
terdapatpada paragraf tersebut
adalah . . . .
a. Siapakah Soekarno dan Hatta?
b. Di mana Abdul Latief Hendraningratdilahirkan?
c. Kapan Jepang menyerah kepadatentara Sekutu?
d. Bagaimana sikap lr. Sukarno terhadapgolongan muda?
10. lnformasi pokok dalam paragraf tersebutadalah . . . Abdul Latief Hendraningrat.
a.usaha                                                                    b. peran
c.gagasan                                                                d. tugas
B. lsian
Ayo, mengisi dengan tepat!
.Paragraf berikut untuk nomor 1 dan 2!
Proklamasi Kemerdekaan Yangdikumandangkan tanggal 17 Agustus'1945menjadi peristiwa penting bagi bangsalndonesia. Peristiwa tersebut menjaditonggak sejarah bangsa lndonesia berhakatas kemerdekaan. Bangsa lndonesia jugamemiliki kewajiban mempertahankannya..
 




1.Kalimat utama paragraf tersebut terdapatpadakalimat....
2. Peristiwa yang menjadi tonggak sejarahbangsa lndonesia adalah . . .'
.Paragraf berikut untuk nomor 3 dan 4!
Teks Proklamasi Kemerdekaan diketikoleh Sayuti Melik. Sayuti Melik adalah tokoh
'pemuda yang juga sangat berperan dalamProklamasi Kemerdekaan lndonesia. SayutiMelik mengetik naskah proklamasi setelahia sempurnakan dari tulisan tangan BungKarno.
 


3.Kalimat utama paragraf tersebutterdapatpada kalimat. ......................
4. Naskah proklamasi ditulis tangan olehUraian..................................
.Paragraf berikut untuk nomor 5 dan 6!
1) lr. Soekamo membacakan naskah teksproklamasi setelah dirumuskan bersama di
hadapan hadirin. 2) Moh. Hatta menyarankanagar semua yang hadir menandatanganinya.3) Namun, usul ini ditentang golonganmuda. 4) Sukarni lalu. mengusulkan agarnaskah tersebut hanya ditandatangani olehSoekarno-Hatta atas nama bangsa.lndonesia.5) Usul tersebut diterima oleh semua pihak.lr. Soekarno lalu meminta Sayuti Melik untukmengetiknya..
 






5.Kalimat utama paragraf tersebut terdapatpadakalimatangka....
.Paragraf berikut untuk nomor 7,8 dan 9!
1) Bendera Merah Putih yang dijahitFatmawati akan dikibarkan dengan bambu.
2) Pasukan PETA di bawah komandanSyudanco Abdul Latief Hendraningrat dan
Syudanco Abdurrahman, telah berjaga disekitar rumah Pegangsaan Timur Nomor 56,
Jakarta- 3) Hariitu lTAgustus 1945 persiapankemerdekaan disiapkan dengan sederhanadan diselimuti suasana cemas.
6. Tokoh yang mengusulkan agar teksProklamasi ditandatangi oleh semuayanghadiradalah....





7.Kalimatutamaparagratersebutterdapatpada kalimat nomor. . . .
8. Tokoh yang mengamankan rumahlr. Soekarno adalah . . . dan . . . .
9. Persiapan  kemerdekaan lndonesiadilakukan di.. . .
10.
C. Uraian
.Paragraf berikut untuk nomor 1 dan 2!
Peristiwa Rengasdengklok terjadipada 16 Agustus 1945. Pada saat itugolongan muda mengamankan Soekarno-Hatta ke Rengasdengklok. Tujuan dari
pengamanan tersebut agar Soekarno-Hatta tidak terpengaruh oleh Jepang'
Golongan muda membawa Soekarno-Hatta 'ke Rengasdengklok karena wilayah tersebutberada di bawah kekuasaan pasukan Peta.Dengan demikian, wilayah Rengasdengklokbebas dari pengawasan JePang.
Ayo, menjawab dengan tepat!





1.Apakah ide pokok paragraf tersebut?
.Paragraf berikut untuk nomor 3 dan 4!
Fatmawati bernama asli Fatimah, lahirdiBengkulu'p ada 1923. Beliau meninggal dunia'di Jakarta pada 1980. Beliau dimakamkandi Taman Makam Pahlawan di Kalibata,Jakarta. Fatmawati menjahit bendera pusakasang Saka Merah Putih yang dikibarkanpada upacara Proklamasi Kemerdekaanlndonesia.
2. Buatlah dua kalimat tanya yang dapatdijawab dengan Pernyataan dalamparagraf!




3.Apakah ide pokok dalam paragraftersebut?
4. Buatlah dua kalimat tanya yangdijawab dengan pernyataanparagraf!
.Paragraf berikut untuk nomor 5 dan 6!
Usai pembacaan Teks Proklamasi, AbdulLatief bertindak sebagai pengibar Sang
Saka Merah Putih bersama Suhud SastroKusumo, orang kepercayaannya. Upacara
Kemerdekaan pada 17 Agustus 194S itudilakukan dengan sangat sederhana. Bendera
pusaka dikibarkan di sebatang bam.bulantaran situasi darurat. Seluruh rangkaian
acara tersebut terselenggara dengan relatiflancar di bawah kendaliAbdul Latief.
 






5.Apakah ide pokok dalam paragraftersebut?
6. Tuliskan informasi-informasi penting dariparagraf tersebut!

A. Ayo memilih dengan jawaban yang tepat!
     a.      b.
Ipa kd. 3..3 4.3
     c.    d.
2.Perhatikan gambar berikut.
Tumbuhan pada gambar di samping
beradaptasi terhadap lingkungannya
dengancara....
a. berdaun tebaldan lebar
b. merirpunyai akar-akar kecil
c. bunga yang selalu menguncup
d. menyimpan air dalam batangnya
3. Teratai memiliki daun lebar dan tipis yangberfungsiuntuk....
a.menjaga keseimbangan ketika diair
b.mempercepat penguapan air
c. menyimpan cadangan air
d. mencegah penguapan air
4.Perhatikan data berikut.
1) Daun berbentuk duri.
2) Daun lebar dan tipis.
3) Batang berdaging dan berlapis lilin.
4) Tangkai berongga udara.
5) Stomata banyak.
6).Akar tumbuh panjang di dalamtanah.
Ciri-ciri tumbuhan xerofit ditunjukkan olehangka. . . .
a. 1), 3), dan 5)                                           b. 1), 3), dan 6)
c. 2);4), dan 5) .                                          d. 2),4), dan 6)
5.Bebek mempunyai jari kaki berselaput.Fungsi ciri kfiusus tersebut adalah . . . .
a. untuk menangkap mangsa yangterdapat di dam air
b.untuk memudahkan berjalan dilumpur dan berenang
c.untuk memudahkan mengais makanan di darat
d.sebagai alat pertahanan diri daripemangsa
6.Pasangan yang tepat antara hewandan  bentuk adaptasi untuk melindungi diri dari  musuhadalah............

Hewan
Bentuk adaptasi
A
Belalang daun
Berpura-pura mati
B
Kaki seribu
Mengeluarkan bau yang sangat menyengat
C
Siput
Menggulungkan tubuhnya
D
Kalajengking
Memiliki sengat beracun

7. Pada saatterancam, hewan tersebutakan melindungi
Diridari musuh menggunakan , . . .
a. warna tubuh
b. taring beracun
c. tubuh yang besar
d. cangkang yang keras
8.Pemanfaatan hewan berikut yang tepatadalah....

Hewan
bagian
manfaat
A
Burung puyuh
telur
kosmetik
B
sapi
daging
Bahan kerajinan
C
angsa
bulu
Bahan kerajinan
D
Kerang laut
cangkang
Bahan makanan

9. Hewan cumi-cumi melindungi dirinya  musuh dengan cara ..............
a. memasukkan tubuhnya ke dalam cangkang
b. menyemburkan tinta
c. mengeluarkan bau tak sedap
d. muncul ke permukaan air
10. Berikut hewan yang beradaptasi dengan cara autotomi adalah..............
a. cecak
b. kecoak
c. siput
d. trenggiling
11.Belalang menyesuaikan diri dengan cra..................
a. mimikri
b. autotomi
c. menggiling
d. kamuflase
12.Fungsi paruh bebek yang lebar dan tipis yaitu .............
a. mengoyak daging
b. meminum air sebanyak-banyaknya
c. menyaring makanan dan air
d. menggaruk tanah
13.Hewan tikus celurut membela diri dengan cara ..............
a. pura-pura mati
b. mengeluarkan bau busuk
c. mengubah warna bulu
d. manampakkan kuku tajam
14.Kelelawar dapat terbang denganarah yang benar pada malam hari
menggunakan....
a. prinsip pemantulan cahaya
b. teknik meraba
c. sistem sonar
d. penglihatan yang sangat tajam
15. Cecak memutuskan ekornya bertujuanuntuk ...........
a. berkembang biak
     b. memancing mangsanya
c. mengelabuhi musuhnya
d. menjebak mangsanya
15. Minyak daritumbuhan berikut yang bisadigunakan untuk membuat obat-obatandan kosrnetika adalah ....
a.. kemiri
b. ulin
c. kayu manis
d. kayu jati

B. lsian
Ayo, mengisi dengan tepat!
1.Batang eceng gondok berongga. Cirikhas tersebut bermanfaat untuk . . . dipermukaan air.
2. Daun teratai berbentuk bulat danlebar. Bentuk tersebut berfungsi untukmengurangi . . . dan menangkap' . ...........untukkeperluan memasak makanan'
3.Kaktus dapat mengurangi penguapandengan permukaan daun yang. . . .
4. Eceng gondok, teratai, dan hidrilatermasuk kelompok tumbuhan . . . .
5. Buah sawo melindungidiridarimusuhnyamenggunakan....
6.Setiap hewan memiliki ciri khusus yangberhubungan dengan . . . . '
7. Ciri khusus hewan yang hidup di dalam air memiliki . . . untuk bernapas.
8. Cecak dan bunglon menangkapmangsanya dengan menggunakan . . .
panjang dan lengket.
9. Unta menyimpan cadangan makanan dibagian....
10.ikan memiliki alat pernafasan berupa .................
11.Cara makhluk hidup menyesuaikan diridengan lingkungannya disebut . . . .
12. Tujuan utama makhluk hidup melakukanadaptasi untuk....
13. Hewan jenis serangga yang melindungidiri dari musuh dengan mengeluarkan
bau yang sangat menyengat adalah . . . .
14.Kemampuan cecak memutuskan ekornyadisebut....
15.Burung memiliki bentuk paruh yangberbeda-beda. Perbedaan tersebut
sebagai bentuk adaptasi terhadap . . . .
16. Bentuk mulut nyamuk adalah . . . .
17.Kemampuan bunglon mengubah warnatubuhnyadisebut....
18.Serai dan kayu manis dimanfaatkanoleh ibu-ibu sebagai . . . masakan.
19.Jelaskan cara bebek beradaptasi kelelawar dan ciri khusus yang dimilikinya!

C. Uraian
Ayo, menjawab dengan tepat!
1.Bagaimana pohon mahoni beradaptasisaat musim kemarau?
2.Tuliskan tiga contoh tumbuhan hidrofit!
3. Tuliskan ciri-ciri khusus tumbuhan kaktusbeserta fungsinya!
4. Bagaimana cara tumbuhan cabaimelindungidiri?
5.Jelaskan tujuan makhluk hidup memiliki ciri khusus!
6. Apakah yang dimaksud denganekolokasi?
7. Sebutkan ciri.ciri khusus pada bebek!
8. Mengapa cecak dapat merayap didinding?
9. Jelaskah mengapa penguin dapat hidupdi lingkungan yang sangat dingin!
10.Sebutkan ciri khusus pada kelelawar!
11. Sebutkan ciri khusus pada katak!
12.Mengapa bentuk paruh dan kaki burungberbeda-beda?
13. Bagaimana cata belalang daunmengelabui musuhnya?
14.Jelaskan bagaimana cara sapi menyerangmusuhnya?
15.Bagaimana cara nyamuk beradaptasiuntuk memperoleh sumber makanan?
16.Sebutkan tiga bentuk paruh burungbeserta fungsinya!
17.Mengapa hewan melakukan adaptasi?
18.Beberapa jenis hewan dapat dimanfaatkanuntuk bahan sandang. Sebutkan
dan jelaskan lima hewan trersebut danpemanfaatannya!
19.Sebutkan bagian-bagian pohon kelapadan manfaatnya!
20.Bagaimana cara bebek beradaptasi dengan lingkungan hidupnya?

Ips kd. 3.3 4.3
A. Ayo memilih dengan jawaban yang tepat!


1.Karakter individu yang dapat memperkuatpertemanan, adalah . . . .
a. jujur                                                        c. sombong
b. angkuh '                                      d. rendah diri
2. Tokoh yang berangkat keDalatselain Moh.Hatta dan dr. Radjiman Wedyodiningrat,yaitu....
a. Supomo                                                   b. Soetomo
c. lr. Soekarno                                             d. Muh. Yamin
3.Proklamasi kemerdekaan dapat dimaknai .dengan mengikuti pemilihan umum(pemilu) untuk pemilihan calon pemimpindagrah. Apabila melihat orang tua ataukakak kita tidak ikut serta dalam pemilu,kamusebaiknya....
a. mengingatkannya                                                b. menasihatinya
c. membiarkannya                                                  d. memarahinya
4.Perhatikan penerapan makna proklamasikemerdekaan berikut.
1) Membela dan melindungi keluargaketika ada permasalahan.
2)Menaati peraturan rambu-rambu lalulintas.
3) Belajar dengangiat dan sungguh-'sungguh,
4) Selalu mengikutiupacara benderadengan tertib.
Penerapan wujud memaknai proklamasikeme;dekaan dalam kehidupan sehariharidi rumah terdapat pada nomor. . . .
a.1)dan 2)                                                               b. 1) dan 3)
c. 2)dan4)'                                                               d. 3) dan 4)
5.Salah satu contoh wujud memaknaiproklamasi kemerdekaan adalah
mengikuti upacara bendera. Upacarabpndera d imaksudkan untuk-membentuksikap....
a. bekerja keras                                                       b. berjiwa nasionalis
c. pantang menyerah                                               d. membela kebenaran
6.Faktor utama terjadinya pertempuran 10November 1945 adalah rakyat Surabayamenolak. . . .
a.kerja sama dengan Sekutu                                   
b.ultimatum dari pihak Sekutu
c.membebaskan tawanan Jepang               
d.penjajahan kembali oieh Belanda
7.Perhatikan tokoh berikut.
1) Bung Tomo
2) Gubemur Suryo
3) KolonelSungkono
4) JenderalSudirman
5) JenderalNasution
Tokoh yang mernimpin pertempuran 10November 1945 di Surabaya ditunjukkanolehangka........................
a. 1), 2), dan 3)                                           b. 1), 3), dan 4)
c.2),4), dan 5)                                             d. 3),4), dan 5)
8.Perjanjian Renville dilakukan antarapihak...dan....
a. lndonesia dan Belgia                               b. lndonesia dan Belanda
c. Belanda dan Australia                             d. Belanda dan Amerika Serikat
9. Bagaimana Perjanjian Renvilledilaksanakan?
a. Perjanjian Renville dilaksanakanpada'17 Januari 1948.
b. Perjanjian Renville dilakukan antarapihak Belanda dan lndonesia.
c. Fqrjanjian Renville dilakukan di.ataskapal perang Amerika Serikat (USS
Renville).
d. Perjanjian Renville melibatkan tiganegara dalam perundingan, yaitu
,Amerika Serikat, Australia, dan Belgia.
10.Mengangkat secara bersama-sama ataumengerjakan sesuatu secara bersamasamadisebut....
a. gotong royong                                         b. musyawarah
c. mufakat.                                                  d. voting
11. Contoh manfaat persatuan dan kesatuandalam kehidupan masyarakat adalah . . . .
a. menimbulkan perselisihan
b. menciptakan kesenjangan sosial
c. rnenghasilkan hubungan harmonis
d. melahirkan sikap kedaerahan yangsempit
12.Pertempuran Ambarawa memiliki artipentingkarena....
a. kekuatan pasukan TKRAmbarawa
b. letak Ambarawa yangpegunungan
c. Ambarawa memiliki stasiun kdretaapi
d. posisiAmbarawa sangat strategis
13. Masyarakat Bandung menjawabultimatum kedua Sekutu dengan
. membumihanguskan kota. Sikap tersebutdilakukanagar....
a. Sekutu tidak dapat memanfaatkaninfrastruktur di Kota Bandung
b. Sekutu tidak dapat mengejarmasyarakat Bandung yang melarikandiri
c. masyarakat Bandung mepiliki I persenjataan untuk menghhdapiSekutu
d. TKRdapatmenarikpasukannyadari daerah-daerah kantong gerilya
14.Pada saatterjadiAgresiMiliter ll Belanda,Presiden Soekarno menulis surat kepadabeberapa tokoh lndonesia di lndia. Sikaptersebut bertujuan . . . .
a. mengirim bantuan senjata dari lndiake lndonesia
b. membentuk Peimerintahan I ndonesiadi pengasingan
c. mencari dukungan luar negeri,khususnya dari Pemerintah lndia
d. mencari pasukan dari lndia untuk d.membantu melawam Agresi Militer llBelanda
15.Bagaimanakah suasana saat terjadiPertempuran Ambarawa? .
a. PertempuranAmbarawaberlangsungsengit dan damai..
b. PertempuranAmbarawa berlangsungdamai dan santai
c. PertempuranAmbarawaberlangsungsengit dan menegangkan.
d. PertempuranAmbarawa berlangsungtenang dan menegangkan
16.B,agaimanakah suasana saat terjadiPertempuran Ambarawa? .
a. PertempuranAmbarawaberlangsungsengit dan damai..
b. PertempuranAmbarawa berlangsungdamai dan santai
c. PertempuranAmbarawaberlangsungsengit dan menegangkan.
d. PertempuranAmbarawa berlangsungtenang dan menegangkan.
17.Tindakan yang dapat dilakukan pesertadidik sebagai upaya mewujudkan , persatuanalah....
a. mengerjakan soal ujian nasional
b. mengembalikan buku ke perpustakaan
c. membersihkan kelas bersama reguPiket
d. menjelaskan jawaban atas pertanyaanyang disampaikan guru
18. Perjuangan para pahlawan merebutkemerdekaan merupakan tindakan . . . .
a. cinta tanah air                                          c. keberanian
b. kebanggaan                                             d. solidaritas
19.Kegiatan yang mencerminkan aktivitaspelestarian lingkungan adalah . . . .
a. memotong tanaman yang tumbuhsecara liar di hutan
b. melakukan perburuan terhadaphewan yang berbahaya
c. membuang sampah bahan kimiapada lempatnya
d. menjual suvenir hewan langka
20. Tempat yang termasuk pelestarian insituadalah....
a. Kebun Botani                                          b. Taman Nasional Komodo
c. kebun plasma nutfah                               d. kebun koleksi
21. Tempat yang sesuai untuk pelestarianalam ex situ adalah . . . .
a. Taman Nasional Ujung Kulon                 b. Taman Nasional Komodo
c. Taman Nasional Kerinci              d. kebun botani
22.Kondisi ekonomi bangsa lndonesiapada masa awal kemerdekaan adalah
a. terjadi peningkatan ekonomi karenawarisan perekonomian Jepang
b. perekonomian lndonesia stabilkarena masih dikendalikan olehJepang
c. bangsa lndonesia menghadapi kekacauan sistem perekonomian dankeuangan
d. perekonomian melemah sehinggamendapdt bantuan modal dariorganisasi dunia PBB

B. lsian
Ayo, mengisi dengan tepat!
1. Golongan . . . ingin kenierdekaan tidak dicampuri oleh pihak Jepang.
2. lr.Soekarno................ dan dr. Radjiman Wedyodiningrat pergi ke Dalat.
3. Kekompakan dalam sebuah tim harus diwujudkan agar tujuan bisa . . . .
4.Dalam lingkungan keluaiga pembagiantugas pekerjaan di rumah secara adildapat dilakukan dengan cara . . . .
5.Salah satu contoh sikap cinta tanah airterhadap lingkungan hidup
dengan cara .....................
6.Peristirlva yang rnenyebabkan Sekutumengultimatum rakyat Surabaya adalah
terbunuhnya....
7.Setiap 10 November bangsa lndonesiamemperingati hari ....
8.Budaya gotong royong merupakanidentitas. . . .
9. Persatuan dan kesatuan dalamkehidupan masyarakat sekitar bermanfaat
menciptakan rasa....................antarwargamasyarakat.
10.Untuk memperingati peristiwaPertempuran Ambarawa pemerintah
membangunmonumen....
11. Laskar Medan yarrg dibentuk oleh TKRpada l0Agustus 1946 adalah . . . .
12. Pada saat diberi mandat untukmembentuk satu kabinet dan mengambil
alih,pemerintah pusat Mr. SyafruddinPrawiranegara berada di . . . .
13. Kemerdekaan bangsa lndonesia ditandaidengan peristiwa pembacaan . . .
lndonesia pada 17 Agustus 1945.

C. Uraian
Ayo, menjawab dengan tepat!
1.Apa tujuan Jepang memberikan janjikemerdekaan kepada lndonesia?
2. Bagaimana sikap golongan muda terkaitkemerdekaan yang hendak diwujudkan?
3.Berikanlah tiga contoh penerapan maknaproklamasi kemerdekaan di lingkunganmasyarakatl
3. Sebagai generasi muda, kita harusmenghargai dan menghormati jasapahlawan. tsagaimana cara menghargaijasa para pahlawan?
4. Wujud memaknai kemerdekaan denganmenunjukkan rasa kebersamaan untuksaling m,embantu dalam melakukanpembangunan. Keadaan ini tecermindalam budaya gotong royong bangsalndonesia. Sebutkan manfaat gotongroyong yang telah menjadi budayabangsa tersebut!
5.Bagaimana tanggapan lr. Soekarnoterhadap perjuangan para pahlawan?
6. Deskripsikan peran Jenderal Soedirmandalam perjuangan memperta.hankan
Kemerdekaan Idonesia?
7 Jelaskan latar belakang pertempuranMedan Area!
Apa tujuan Agresi Militer I Belanda?

SBdP kd. 3.3 4.3
A. Ayo memilih dengan jawaban yang tepat!

1.Perhatikan gambar berikut.
Pola lantaiyang ditunjukkan
pada gambaradalah....
a. zig-zag
b. segitiga
c. horizontal
d. vertical
2.Berikut bukan merupakan tari
     kreasiadalahtari ....
a. Merak                                                      c. Serimpi
b. Kupu-kupu                                             d. Manipuri
3.Perhatikan gambar berikut.
Pola lantaiyang ditunjukkan dalam gerak
tari berpasangan di atas adalah pola
lantai ....
a. garis diagonal
b. garis hoiizorrtal
c. angka delapan
d. lingkaran
4. Pada dasarnya, garis di lantaisaat penarimelakukan' gerak tari terdiri atas dua polayaitu garis lurus dan garis . .
a.lengkung                                      b,. datar
c.diagonal                                                   d. vertikal
5.Berikut iringan tari internal adalah . . . .
a. nyanyian                                                 c. gamelan
b. CD musik                                                d. permainan rebana
6.Gerakan pada tari lndang sebagianbesar dilakukan dengan formasi garis................
a.diagonal                                                   b. horizontal
c.vertikal                                                     d. Zig-zag
7.Tari Indang jenis tari..............
a.tunggal                                                     b. kelompok
c.berpasangan                                             d. massal
8.Banyak penari yang memperagakan.tari lndang adalah .
a.dua                                                           b. empat
c.enam                                                        d. tujuh
9.Bentuk tari lndang adalah . . . .
a. tunggal                                                    c. kelompok
b. berpasangan                                            d. massal
10. Jumlah penari yang memperagakan tarilndangadalah....
a.empat                                                       b. tujuh
c.enam                                                        d. sepuluh

B. lsian
Ayo, mengisi dengan tepat!
1.Garis di lantai yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari disebut . . . .
2.Perhatikan gambar berikut.
Pola lantai yang ditunjukkan gambaradalah pola lantai garis . . . .
3.Pola lantai garis lurus dari depan kebelakang atau sebaliknya disebut pola
lantai ....
4. Pola lantai yang dibentuk oleh penariyang berbaris membentuk garis lurus ke
samping disebut pola lantai . . . .
5.Penari kelompok menarikan tari kreasi.Mereka membentuk formasi angkadelapan. Angka delapan merupakanpengembangan bentuk pola lantai garis
6.Seorang penari melakukan gerak taridengan melangkah miring ke belakang.Penari tersebut membentuk pola lantalgaris....
7.Tata rias dalam peragaan karya taridiperlukan untuk menciptakan wajah
sesuai dengan...tari.
8.Semua gerakan tari lndang tampdk sepertigerakan tari Saman asal Aceh. Akan
tetapi, gerakan tari lndang cenderunglebih....
9.Semua gerakan tari lndang tampakseperti gerakan tari Saman. Tari Saman
berasal dari ....
10. Formasi yang dibentuk penari dalammemperagakan tari lndang sebagian
besar adalah formasi garis . . .
11.Tari lndang lebih banyak menggunakanpolalantai ....
12. Permainan alat musik termasuk iringantari ....

C. Uraian
Ayo, menjawab dengan tepat!
1.Apa yang dimaksud pola lantai?
2., Garis di lantaiada dua macam. Sebutkan!
3. Bagaimana pola lantai pada tari Kupu-Kupu?Jelaskan!
4. Apa kesan yang ditimbulkan dari polalantai garis lurus dan garis lengkung?
Jelaskan!
5. Bentuk pola garis lurus dapatdikembangkanberbagai pola lantai. Sebutkan!
6.Apa saja behtuk pengembangan dari pola lantai garis lengkung?
7. Apa yang dimaksud tari kreasi daeiah?
Sebutkan dua contoh!
8.Apa yang dimaksud tari kreasi? Jelaskanl
9. Bagaimana pola lantai dalam tarikreasi?
10.Dalam memperagakan karya tari perlu persiapan. Apa tujuan persiapanperagaan karya tari?
11. Sebutkan bentuk karya tari!
12.Apa perbedaan gerakan tari lndang dantari Saman? Jelaskan!
13. Bagaimana busana tari lndang?
14. Bagaimana gerakan dalam tari lndang?
15.Bagaimana busana tari lindang?
16.Jelaskan gerakan pada tari lndang!
17, Apa perbedaan gerak tari lndang dan tari Saman? Jelaskan!
18.Mengapa penentuan bentuk karya taridiperlukan dalam persiapan peragaan karyatari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kamis, 16 Mei 2024

    Assalamu'alaikum wr wb... Apa kabar anak-anak bu guru di rumah ? semoga anak sholih sholihah semua selalu dalam keadaan sehat wal’af...