Pembelajaran
2
Muatan
SBdP
Macam-Macam
Reklame
Reklame
adalah salah satu bentuk ajakan atau pemberitahuan kepada orang lain. Tujuan
reklame digunakan, yaitu untuk menawarkan dan mengajak pembaca agar mengikuti
anjuran atau membeli produk yang ditawarkan dan meyakinkan bahwa barang yang
ditawarkan berkualitas baik. Ada berbagai media digunakan untuk melakukan
kegiatan reklame. Media tersebut antara lain, audio, visual, dan audio visual.
Kita
akan membahas macam reklame secara visual. Rinciannya adalah sebagai berikut.
•
Iklan pada media cetak adalah
pemberitahuan kepada banyak orang tentang barang atau jasa yang akan dijual.
Contohnya, iklan pada surat kabar yang bentuknya berupa tulisan dan gambar
mencolok.
•
Spanduk adalah salah satu cara
promosi yang menggunakan kain sebagai medianya. Spanduk biasanya berisi ajakan,
slogan atau berita yang perlu diketahui oleh umum. Spanduk biasanya dipasang di
jalan raya atau digunakan saat acara-acara tertentu.
•
Poster adalah selembaran kertas yang
berisi tulisan dan gambar, biasaya
ditempel di tempat umum. Poster biasanya berisi ajakan atau imbauan.
•
Brosur berbentuk selembaran kertas. Biasanya
dibagikan di tempat umum. Brosur berisi informasi yang ditujukan kepada
masyarakat.
•
Embalase merupakan informasi yang
biasanya terletak pada kemasan sebuah produk. Informasi-informasi tersebut
memuat detail tentang produk tersebut. Informasi berfungsi sebagai daya tarik
dan pemberitahuan tentang produk tersebut.
•
Baliho adalah jenis reklame yang
berukuran besar. Ukuran baliho biasanya lebih besar dari spanduk sehingga
ditempatkan di tempat umum menggunakan tiang sebagai penyangga.
•
Banner sering ditemui di depan
pertokoan. Banner merupakan media promosi yang dicetak dan diletakkan
menggunakan besi sebagai penyangganya.
•
Leaflet berbentuk lembaran yang
dilipat menjadi tiga atau empat bagian. Leaflet digunakan untuk mempromosikan
sebuah produk atau memberikan informasi tertentu kepada masyarakat.
Muatan
PPKn
Keberagaman
Wirausaha di Lingkungan Sekitar
Beragam barang yang dibutuhkan oleh
masyarakat memengaruhi keberagaman kegiatan ekonomi yang ada. Sebuah kegiatan
ekonomi tidak dapat memenuhi kebutuhan masyarakat yang beragam. Oleh karena
itu, orang lain mendirikan sebuah usaha yang berbeda agar kebutuhan tetap dapat
terpenuhi. Mendirikan usaha sendiri disebut kegiatan berwirausaha. Wirausaha
adalah sebuah kegiatan ekonomi yang didirikan oleh seseorang dengan modal dan
kemampuan yang dimiliki oleh pemiliknya. Kegiatan wirausaha menghasilkan
beragam kebutuhan masyarakat. Ada yang menghasilkan barang. Ada juga yang
menghasilkan jasa.
Perbedaan kegiatan wirausaha
bukanlah penghalang untuk saling menghormati dan menghargai. Antarpemilik usaha
maupun masyarakat harus mengharai keberagaman kegiatan wirausaha yang ada.
Keberagaman tersebut bermanfaat karena dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.
Misalnya, sebuah wirausaha di bidang pembuatan bakso membutuhkan pedagang
daging untuk menyuplai bahan baku pembuatan bakso. Daging yang diperoleh
kemudian diolah menjadi bakso.
Perbedaan usaha yang dilakukan membuat antarpemilik dapat
bekerja sama dalam menjalankan usahanya. Jika antarpemilik usaha saling
menghormati dan menjalin kerja sama, tentunya beragam kebutuhan masyarakat
dapat terpenuhi. Jika kebutuhan dapat terpenuhi, kesejahteraan masyarakat pun
dapat meningkat. Meningkatnya kesejahteraan sebuah masyarakat dipengaruhi oleh
terpenuhinya kebutuhan hidupnya sehari-hari.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar